SOLOPOS.COM - Tiga pasangan cagub-cawagub yang akan berlaga dalam Pilkada Jakarta (istimewa)

Pencalonan Ahok, Anies, dan Agus di Pilkada Jakarta akan ditentukan Senin besok.

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menetapkan pasangan calon gubenur dan wakil gubenur pada Senin (24/10/2016). Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengungkapkan pihaknya telah menyelesaikan verifikasi bakal pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“KPU akan menetapkan paslon gubernur dan wakil gubernur DKI di Balai Sudirman hari Senin (24/10/2016) pukul 16.00 WIB,” ujarnya di kantor KPUD DKI Jakarta, Salemba.

Soemarno mengungkapkan jika semua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dipastikan akan hadir dalam proses penetapan tersebut. “Sampai kemarin kami mendapatkan konfirmasi bahwa ketiga paslon nanti akan hadir pada saat penetapan itu akan dilaksanakan di Balai Sudirman,” katanya.

Sementara itu, untuk menjaga kelancaran acara, dirinya menghimbau untuk semua pasangan dan tim kampanye mengikuti aturan dan tidak membawa massa berlebihan sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan. “Masing-masing calon diberi kesempatan untuk hadir bersama tim kampanye dan pendukung, jumlahnya sudah ditentukan yakni sebanyak 200 orang per paslon,” pungkasnya.

Setelah penetapan tersebut, pengundian nomor urut akan dilakukan pada Selasa (25/10/2016) dan deklarasi kampanye damai akan digelar pada Sabtu (29/10/2016). “Deklarasi damai ini bukan karena suatu hal atau apa, ini karena kita ingin pilkada DKI dilakukan secara damai,” katanya.

Soemarno mengungkapkan pengundian nomor urut harus diambil oleh masing-masing pasangan dan perwakilan dari partai pendukung. Nomor urut ini nantinya akan menjadi identitas hingga saat pemungutan suara. “Pengambilan nomor urut ini menjadi identitas,” ucapnya.

Deklarasi kampanye damai dilakukan mulai dari pukul 07.00 WIB di kawasan Monas dan diakhiri penandatanganan prasasti dari masing-masing pasangan bahwa mereka siap menang dan siap kalah. Kemudian, dalam agenda deklarasi kampanye damai, ada juga agenda pawai dengan mobil yang dihias yang melaju secara beriringan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya