SOLOPOS.COM - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (JIBI/Solopos/Antara/Suhartono)

Pilkada Jakarta belum jelas petanya. PAN ingin Koalisi Kekeluargaan mengusung Risma-Yoto, meskipun Gerindra ingin Sandiaga Uno.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, mengatakan akan mengusung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Risma) dan Bupati Bojonegoro, Suyoto (Yoto) sebagai pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Zulkifli mengakui bahwa saat ini Risma merupakan calon gubernur terkuat yang bisa menandingi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilkada Jakarta. Namun demikian, karena PAN tidak bisa mengusung sendiri calonnya maka partai tersebut akan terus melakukan komunikasi dengan PDIP dan partai lain yang kemungkinan akan mengusung Risma.

“Soal memilih pemimpin itu soal trust [kepercayaan] dan soal hati. Saya pilih Risma dari eksternal dan Yoto dari internal partai,” ujarnya seusai menerima pimpinan Korps Pegawai Negeri Indonesia (Korpri) di kantornya, Selasa (9/8/2016).

Zulkifli memahami bahwa Risma adalah kader PDIP. Karena itu PAN pun harus menunggu proses pencalonan di partai berlambang kepala banteng tersebut. Zulkifli mengaku pernah menemui Risma dan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri untuk mewujudkan keinginan partainya tersebut.

Saat ditanya apakah PAN akan mendukung Sandiaga Uno yang sudah dideklarasikan Partai Gerindra, Zulkifli menjawab PAN menghormati langkah Gerindra tersebut. Zulkifli juga berharap Koalisi Kekeluargaan yang digalang oleh tujuh partai di luar partai pengusung Ahok, akan mengusung Risma. Tiga partai yang telah menyatakan dukungan kepada Ahok adalah Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Partai Golkar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya