SOLOPOS.COM - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan sambutan pada acara ramah tamah Kongres IV PDIP di Hotel Inna Grand Bali Beach, Rabu (8/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Pakar politik LIPI, Ikrar Nusabakti yakin 99,9% bahwa Ahok akan diusung PDIP dalam Pilkada Jakarta 2017.

Solopos.com, JAKARTA — PDIP menggelar rapat pleno terakhir terkait pengambilan keputusan bakal calon kepala daerah di rumah Megawati, Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Pertemuan ini juga menetapkan nasib Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Tri Rismaharini (Risma). Kabarnya, Ahok juga akan datang ke rumah Megawati hari ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengamat politik dari LIPI, Ikrar Nusabakti, menyatakan Ahok hampir pasti menjadi calon gubernur DKI Jakarta yang diusung PDIP. Dia menyebut semua sinyal yang muncul di elite PDIP mengarah pada kemungkinan itu.

“Kalau tidak ada aral melintang atau angin kencang di Teuku Umar [kawasan rumah Megawati Soekarnoputri], 99,9% Ahok diusung PDIP,” kata Ikrar di Studio Kompas TV, Selasa (20/9/2016) petang, yang disiarkan langsung stasiun TV tersebut.

Prediksi Ikrar bukan tanpa alasan. Menurutnya, saat ini elite PDIP sebenarnya sudah punya keputusan tentang Ahok. “Karena Mas Hasto [Kristiyanto, Sekjen PDIP] bilang akan mengirim surat ke calon yang gagal, dan tidak menyebut nama Ahok. Apalagi seperti di berita-berita itu, kabarnya besok Ahok diantar Megawati ke KPUD [Jakarta].”

Namun, Wasekjen PDIP, Eriko Sutarduga, mengaku tak tahu kabar bahwa Ahok diundang ke rumah Mega sore ini. “Ini masih informasi saja, saya juga ditanya teman-teman wartawan di sini [rumah Mega], saya tidak tahu. Mungkin Prof Ikrar lebih tahu. Saya masih bersama Pak Kris [Hasto],” kata Eriko dalam wawancara jarak jauh dalam kesempatan yang sama. Baca juga: Amien Rais Tolak Ahok, dari Ujung Kaki Sampai Langit!

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP Ahmad Basarah memastikan partainya menggelar rapat pleno tersebut. Dalam pilkada serentak 2017, terdapat 101 daerah yang menggelar pilkada, yaitu terdiri atas tujuh provinsi dan 94 kabupaten atau kota. Baca juga: >PDIP Umumkan Pasangan Cagub-Cawagub DKI Malam Ini.

“Pukul 5 sore [17.00 WIB] ini DPP PDIP akan menggelar rapat pleno khusus terakhir terkait pengambilan keputusan mengenai siapa yang akan diusung di Pilkada termasuk juga siapa cagub dan cawagub DKI Jakarta,” ujar Basarah yang didampingi oleh Andreas Hugo Pareira.

Setelah itu, lanjutnya, pukul 20.00 WIB, DPP PDIP akan mengumumkan seluruh pasangan calon gubenur dan wakilnya, bupati, dan wakilnya serta Walikota dan wakilnya. Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristyanto menegaskan, seluruh kader di partainya telah menerima keputusan siapapun yang akan diusung.

“Partai telah berikan ruang ekspresi dan gagasan, gagasan itu didengar oleh DPP sehingga saat keputusan diambil tiba saatnya untuk satukan langkah agar suara rakyat jadi hakim tertinggi untuk dihormati oleh siapapun yang akan ikut dalam Pilkada,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Hasto mengakui ada perbedaan di internal partai dalam menentukan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta. Namun, akhirnya seluruh kader dapat sepakat setelah calon diputuskan oleh DPP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya