SOLOPOS.COM - Anies Baswedan saat masih menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), di Bantul, DI. Yogyakarta, Senin (04/05/2015). (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Terjawab sudah pilihan Gerindra dan PKS di Pilkada Jakarta. Mereka mengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Solopos.com, JAKARTA — Partai Gerindra dan PKS akhirnya memutuskan mengusung Anies Baswedan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dan Sandiaga Uno sebagai calon wakil gubernur. Nama pasangan ini akhirnya diumumkan oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di rumahnya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (23/9/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Didampingi Presiden PKS, Shohibul Umam, Prabowo mengumumkan sendiri pasangan calon yang diusung kedua partai tersebut. “Setelah proses panjang, kami menetapkan mencalonkan Saudara Anies Rasyid Baswedan sebagai calon guberbur DKI Jakarta untuk masa bakti 2017-2022,” kata Prabowo.

Menurut Prabowo, Anies memang bukan kader Gerindra maupun PKS, tapi dipilih oleh kedua partai itu. “Tapi gerindra dan PKS tidak memandang harus dari partai. Kami pandang yang terbaik untuk rakyat Jakarta. Dan kami juga mencalonkan Sdr Sandiaga Salahuddin Uno, sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta.”

Prabowo menyatakan proses pemilihan Anies-Sandiaga telah melalui waktu yang sangat panjang, bahkan hingga delapan bulan. Setelah proses itu, mereka mempertimbangkan tuntutan rakyat yakini menangkap permintaan rakyat untuk sebuah perubaan mendasar di DKI dan mengharapkan gubernur baru.

“Keduanya kami nilai mampu untuk membawa DKI ke arah yang lebih baik, adil, dan sejahtera, menuju Indonesia raya yang kita cintai bersama. Saya apresiasi tokoh-tokoh PKS, saya melihat sikap arif, rela berkorban, karena itu hormat saya kepada kepemimpinan pucuk pimpinan PKS,” kata Prabowo.

Seperti diketahui, semula, kader PKS Mardani Ali Sera sempat disebut-sebut akan mendampingi Sandiaga Uno sebagai calon wakil gubernur. Namun di hari terakhir, PKS merelakan posisi Mardani karena masuknya nama Anies Baswedan. Bahkan, Sandiaga sendiri juga tak menjadi calon gubernur, namun calon wakil gubernur.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Shohibul Umam mengungkapkan tiga hal yang menjadi pertimbangan kedua partai itu mengusung Anies-Sandiaga. “Pertama, integritas, kami yakin mereka memiiki integritas yang baik. Memang ada kekurangan pada setiap manusia, tapi kami yakin bisa tertutupi. Kedua, kapabiltas. Saya tidak perlu menceritakan kapabilitas mereka di bidang mereka yang unik. Ketiga, basis konstituensi, keduanya saya yakin keduanya memiliki konstituen yang unik dan itu sangat berharga bagi kemenangan. Rakyat tahu yang terbaik,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya