SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Gaya politik cagub DKI Fauzi Bowo (Foke) melunak memasuki putaran dua Pilgub DKI. Dalam beberapa kesempatan Foke bahkan memiliki komitmen seperti komitmen cagub DKI lain, Jokowi.

Jubir Foke Yudi Chrisnandi, menilai bahwa hal itu sebagai proses belajar antar kandidat. “Mereka saling belajar dan melontarkan ide yang baik, misal (putaran pertama) Faisal Basri bicara pembangunan yang manusiawi. Alex soal bagaimana respon yang cepat terhadap masalah yang dihadapi, dan Hendardji yang mengedepankan pentingnya ketegasan,” ujar Juru bicara Foke, Yudi Chrisnandi kepada detikcom, Kamis (16/8/2012) malam.

Begitu juga menurutnya Jokowi, kandidat asal Solo itu berkomitmen jika terpilih sebagai gubernur DKI akan meluangkan sebagian besar waktunya untuk melihat masalah di Jakarta atau berkantor di jalanan.

“Pak Foke juga punya pandangan supaya kebjiakan sekarang meningkat lebih baik dan terukur. Jadi semua punya gagasan positif, satu sama lain saling memberi masukan. Tak ada salahnya, itu gagasan bagus juga,” tutur Yudi.

Ia menilai begitu juga sebaliknya dengan Jokowi. Banyak visi dan gagasan Foke yang dipakai oleh Jokowi.

“Misal gagasan untuk mengurai kemacetan dengan menambah koridor busway dan memperjang car free day. Jadi itu smua saling balajar. Memangharus begitu. Jadi nggak apa Jokowi ambil pandangan Foke dan sebaliknya ya sah-sah saja,” ucapnya.

“Dan rakyat akan lebih senang, jadi nggak usah ambil pusing selama gagasan itu baik. Kalau Foke terplih kembali misal, maka pola kepemimpinan Jokowi yang bagus akan dipakai juga oleh Foke, begitu sebaliknya,” imbuh Yudi.

Sebagaimana diketahui, salah satu gagasan terakhir Jokowi yang belakangan diutarakan oleh Foke-Nara adalah soal komitmen tak akan berlama di kantor jika terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur.

“Ketika saya menjabat nanti maka semua lapisan masyarakat harus saya ketahui, semua lapisan masyarakat harus saya tampung aspirasinya. Oleh karena itu, kita tidak boleh duduk di belakang meja saja, kita harus turun ke lapangan,” ujar cawagub DKI, Nachrowi Ramli, Selasa (14/8/2012).

Gagasan sebelumnya yang juga dinyatakan oleh Foke adalah soal komitmennya untuk lebih banyak turun ke kampung-kampung. Di Jakarta jika masuk masa kampanye putaran dua.JIBI/SOLOPOS/Dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya