SOLOPOS.COM - Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Yusril Ihza Mahendra (kiri) dan Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Muhammad Taufik (kanan) memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di Jakarta, Sabtu (19/3/2016). Pertemuan tersebut membahas soal penjajakan kerjasama menghadapi Pilkada DKI Jakarta 2017. (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Persaingan jelang Pilkada Jakarta kian panas. Hasil survei Stratak Indonesia menyebut elektabilitas Yusril mendekati Ahok dan melampaui Risma.

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Survei Stratak Indonesia menilai Pilkada Jakarta 2017 akan berlangsung seru dan tidak mudah dimenangkan oleh pasangan manapun, termasuk calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Yang mengejutkan dari survei ini adalah elektabilitas Yusril Ihza Mahendra mendekati Ahok dan jauh melampaui Tri Rismaharini (Risma).

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Padahal, dalam survei-survei lembaga lain sebelumnya, nama yang disebut paling potensial mengimbangi Ahok adalah Risma. Malah, dalam hasil survei Opinion Leader yang dipublikasikan Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia (LPPUI) 1 Agustus 2016 lalu, Yusril menjadi salah satu nama yang tidak direkomendasikan bersama Sjafrie Sjamsuddin dan Sandiaga Uno. Baca juga: 3 Nama Paling Tak Direkomendasikan Pakar: Yusril, Sandiaga, & Sjafrie.

Ekspedisi Mudik 2024

Peneliti Stratakindo, Octarina Subarjo, menyatakan lembaganya melakukan riset opini publik selama 2-10 September 2016. Temuan tersebut menunjukan adanya tren penurunan elektabilitas Ahok dari survei sebelumnya (Juni 2016). Elektabilitas Ahok yang semula 48,2% turun menjadi 43,2%. Baca juga: Survei Manilka: Elektabilitas Ahok Turun Signifikan, Risma-Sandiaga Naik.

Octa menerangkan hasil survei Stratakindo sebagai berikut:

Elektabilitas Top of Mind:

Basuki Tjahaya Purnama: 32,4%.,
Yusril Ihza Mahendra: 19,8%.,
Tri Rismaharini: 5,2%
Rizal Ramli: 4,2%
Sandiaga S Uno: 3,8%.
Tokoh lainnya dibawah 1,2%
Tidak Jawab/ Rahasia: 28,8%.

Elektabilitas (10 nama):

Basuki Tjahaya Purnama: 42,6%
Yusril Ihza Mahendra 26,8%
Tri Rismaharani 7,4%
Rizal Ramli 4,7%
Sandiaga S Uno 4,4%
Jarot S Hidayat 2,5 %
Syafri Syamsuddin 1,2%
Saefullah 0,9%
Sylviana Murni 0,8%
Tidak Jawab/ Rahasia: 7,5%

Elektabilitas (5 nama):

Basuki Tjahaja Purnama 43,2%
Yusril Ihza Mahendra 27%
Tri Rismaharani 7,8%
Rizal Ramli 4,8%
Sandiaga S Uno 4,5%
Tidak Jawab/ Rahasia: 12,7%

Survei Stratakindo ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dan jumlah sampel 420 responden. Margin of error sebesar 4,78% pada tingat kepercayaan 95%. Penggalian data dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung oleh para pewawancara yang diklaim terlatih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya