SOLOPOS.COM - Cuplikan permainan Selamatkan Jakarta yang dibintangi Cagub Jokowi, diambil pada Rabu (15/8). Tokoh jagoan dalam game ini, Jokowi memiliki misi untuk menyelamatkan Jakarta dari biang-biang permasalahan.

Cuplikan permainan Selamatkan Jakarta yang dibintangi Cagub Jokowi, diambil pada Rabu (15/8). Tokoh jagoan dalam game ini, Jokowi memiliki misi untuk menyelamatkan Jakarta dari biang-biang permasalahan.

JAKARTA–Seribu satu cara dilakukan tim sukses Cagub-Cawagub DKI Jakarta Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok) untuk mendongkrak pamor dua jagoannya. Baru-baru ini permainan Selamatkan Jakarta pun sukses menjadi salah game favorit di dunia maya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Siapa yang tak kenal dengan permainan Angry Bird? Game melempar sasaran dengan kepala burung ini beberapa waktu belakangan sangat diminati jutaan orang.

Nah rupanya sukses ini pula yang kemudian mengilhami tim sukses Jokowi sebagai inovasi baru untuk personal branding Jokowi dalam Pilkada DKI putaran kedua mendatang. Dan benar saja meskipun belum resmi diluncurkan, permainan Selamatkan Jakarta dengan tokoh Joko Widodo (Jokowi) sudah dimainkan puluhan ribu kali di dunia maya.

“Dalam tempo singkat sejak hari Sabtu (18/8/2012) lalu, hingga saat ini, game ini sudah lebih dari 50.000 kali dipermainkan,” kata Koordinator Bidang Komunikasi & Media Center, Tim Kampanye Jokowi-Ahok, Budi Purnomo Karjodihardjo, seperti rilisnya, Rabu (15/8/2012).

Budi Purnomo menargetkan, setidaknya hingga Pilkada putaran kedua nanti game akan dimainkan lebih dari satu juta kali oleh netizen Indonesia. “Kami belum launching saja, sudah dimainkan lebih dari 50.000 kali, apalagi jika nanti sudah dilaunching,” kata Budi.

Sementara itu Juwanda, pencetus permainan ini menuturkan bahwa para netizen bisa mengakses game ini melalui Facebook dengan alamat (apps.facebook.com/selamatkanjakarta) atau melalui komputer (www.metric-design.com/game.swf). Khusus untuk versi beta terdapat 30 level permainan dan akan ditambah lagi setelah launching resmi, yang rencananya akan diluncurkan langsung oleh Jokowi.

Game ini sangat mudah dimainkan karena diadaptasi dari game yang sangat populer Angry Bird dengan berbagai modifikasi gaya permainan”, katanya.

Tokoh jagoan dalam game ini adalah Jokowi yang mempunyai misi untuk menyelamatkan Jakarta dari biang-biang permasalahan Jakarta yang ada selama ini seperti oknum pejabat, pengusaha hitam, pelaku kriminal dan sampah yang melambangkan kekumuhan dan kemiskinan.

Sedangkan untuk membersihkan masalah Jokowi bisa menggunakan senjata-senjata yang ada seperti bom tomat, roket dan TNT. Tapi ingat jangan sampai Jokowi ikut menghancurkan warga yang baik yang menjadi teman Jokowi di game ini. Berdasarkan rilis, ini merupakan pesan dan harapan secara tidak langsung bagi Pak Jokowi jangan sampai ketika menjadi Gubernur mengambil kebijakan-kebijakan yang menyakiti warganya.

Mengenai tujuan dari pembuatan game ini sendiri, Juwanda menjelaskan bahwa ini merupakan bentuk kontribusi dan dukungan bagi Jokowi-Basuki untuk perubahan positif bagi Jakarta dan Indonesia. “Selain itu kami juga menyampaikan pada masyarakat bahwa pendidikan politik bisa dilakukan dengan cara menyenangkan yaitu dengan bermain game,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya