SOLOPOS.COM - Aa Gym (Hamid/JIBI/Harian Jogja)

Ucapan Ahok yang menyebut Surat Al Maidah 51 dinilai Aa Gym sudah melampaui batas.

Solopos.com, Bandung — Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) beri komentar tentang kontroversi yang menjerat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dengan bahasa santun, penceramah yang kerap dipanggil Aa Gym itu memberi tanggapan tegas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Video mengenai tanggapan Aa Gym ini diunggah oleh pengguna akun YouTube Ceramah Aa Gym. Video yang diunggah pada Sabtu (8/10/2016) itu berdurasi tujuh menit 23 detik. Aa Gym mengawali tanggapannya dengan menegaskan kontroversi ini tidak disebabkan Ahok yang seorang Tionghoa atau seorang nonmuslim.

“Saudara Ahok, sebagai etnis Tionghoa adalah takdir, sehingga bukan wilayah kita untuk mengomentari. Selain itu, Ahok beragama non-Islam, itu adalah pilihannya. Bagi umat Islam, itu tidak ada masalah,” jelas Aa Gym.

Namun, kontroversi terkait Ahok muncul karena sikap dan tindakannya. Menurut Aa Gym, tindakan Ahok menggunakan ayat Alquran tersebut seperti sebuah tindakan yang tidak pada tempatnya.

“Itu adalah perbuatan melampaui batas, perbuatan tercela, perbuatan yang akan menimbulkan konsekuensi dari perkataannya. Sehingga sangat bisa dimaklumi kalau umat Islam tersinggung dan terluka karena pernyataan yang melampaui batas itu, apalagi keluarnya dari seorang yang sedang diberi cobaan untuk memimpin Jakarta,” terang Aa Gym.

Aa Gym juga mengingatkan Ahok jika perbuatannya itu salah. Maka, Ahok disarankan untuk meminta maaf secara terbuka dan berjanji tidak mengulangi perbuatannya. Namun, jika yang terjadi sebaliknya, Aa Gym menegaskan tidak menutup kemungkinan jalur hukum akan diambil.

Selain tanggapan yang ditujukan ke Ahok, Aa Gym juga memberi imbauan kepada umat Islam. Aa Gym mengimbau kepada umat Islam untuk menyikapi peristiwa ini dengan tidak melampaui batas.

Pendiri pondok pesantren Daarut Tauhiid itu menyarankan respons umat Islam harus mencerminkan ajaran Islam yang sesuai akhlakul karimah. “Islam tidak mengenal kezaliman terhadap siapapun, kita sikapi perbuatan Ahok dengan tidak melampaui batas,” tegas Aa Gym.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya