PILKADA JABAR: PKB Ancam Cabut Dukungan, Ramai-Ramai Tinggalkan Ridwan Kamil?

PILKADA JABAR: PKB Ancam Cabut Dukungan, Ramai-Ramai Tinggalkan Ridwan Kamil?

SOLOPOS.COM - Ridwan Kamil (Twitter.com)

Setelah Golkar, giliran PKB yang mengancam akan mencabut dukungan terhadap Ridwan Kamil di Pilkada Jabar 2018.

Solopos.com, BANDUNG — Angin mulai berbalik arah setelah Golkar resmi menggusur Setya Novanto dari kursi Ketua Umum partai itu. Tak lama setelah Airlangga Hartarto menjadi pucuk pimpinan, Golkar mencabut dukungan untuk Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat
(Jabar). Langkahnya berpotensi diikuti partai pro pemerintah lainnya, yaitu PKB.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan akan mencabut dukungannya terhadap Ridwan Kamil apabila Wali Kota Bandung itu memilih Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum sebagai calon wakil gubernur (cawagub) pada Pilkada Jabar 2018.

“Kalau iya pilihannya Kang Emil itu jatuh ke Kang Uu, maka dipastikan PKB check out dari dukungannya,” ujar Sekretaris DPW PKB Jawa Barat, Sidkon Djampi ketika dihubungi Antara melalui telepon, Selasa (19/12/2017).

Dia beralasan keinginan PKB mencabut dukungan untuk Emil jika memilih Uu Ruzhanul di Pilkada Jabar 2018 muncul dari para kiai, ajengan, dan arus bawah hingga para kader di tingkat kabupaten, kecamatan, hingga ranting.

Sidkon beralasan jumlah suara PKB lebih besar dari PPP, partai asal Uu Ruzhanul Ulum. Selain itu, katanya, jumlah kursi PKB di Jawa Barat tidak jauh beda dengan PPP dan banyak kader yang sepadan dengan Uu.

“Bahkan beberapa kader PKB jauh-jauh hari sudah menata jaringan ke bawah, seperti kang Syaiful Huda, dan Kang Maman, sayang jika kader potensial itu tidak bisa mendampingi kang Emil,” katanya. Baca juga: Survei Indo Barometer: Ridwan Kamil Unggul Siapapun Lawannya.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyatakan bakal mengumumkan salah seorang dari enam bakal calon pendampingnya di Pilkada Jabar 2018 pekan ini.

“Janji saya kepada media, Insya Allah lusa [Rabu, 20/12/2017] saya kabarkan [calon wakil gubernur]. Lusa saya akan membuat pengumuman tentang wakil,” ujar Ridwan Kamil. Adapun enam nama tersebut adalah Syaiful Huda, Uu Ruzhanul Ulum, Maman Imanulhaq, Daniel Muttaqien, Saan Mustopa, dan Asep Musol.

Ridwan Kamil kini harus memilih apakah menggandeng calon dari PPP atau parpol lain. Namun, anehnya PPP juga sudah mengisyaratkan akan mengevaluasi dukungan ke Ridwan Kamil. Baca juga: Survei SMRC: Elektabilitas Ridwan Kamil di Puncak.

Dilansir Tempo, Sabtu (16/12/2017), Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengatakan akan mempertimbangkan lagi soal dukungan yang partainya berikan untuk Ridwan. Arsul hanya beralasan banyak elemen internal di partainya yang mempertimbangkan kembali dukungan itu.

“Sekarang malah mempertimbangkan kembali dukungan yang telah diberikan kepada Ridwan Kamil dan mengalihkannya kepada calon lain,” kata Arsul saat itu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tak Punya Uang, Seorang Ayah di Solo Tawarkan Barter Sepatu Bekas dengan Susu di Facebook, Polisi Langsung Bantu

Seorang ayah di Solo tak punya uang untuk membelikan susu putrinya lantas memposting tawaran barter sepatu bekas dengan sekotak susu di Facebook. Polresta Solo langsung memberi bantuan.

2.000 Mahasiswa Soloraya Ikuti Vaksinasi Massal di UIN Surakarta

Mahasiswa peserta vaksinasi tidak hanya dari kampus UIN Raden Mas Said Surakarta, namun dari perguruan tinggi lain di wilayah Soloraya.

Tabung Gas Bocor, 2 Warga Gemolong Sragen Alami Luka Bakar 30%

Dua ibu-ibu di Gemolong, Sragen, menderita luka bakar saat berupaya memadamkan api yang muncul akibat kebocoran tabung elpiji.

Vespa LX dan S Tampil Lebih Berjiwa Muda

Tampilan baru Vespa LX dan S, didesain dengan warna baru untuk menampilkan semangat dan keberanian generasi muda.

PPKM Kulonprogo, 1.697 Kendaraan Bermotor Diminta Putar Balik

Total kendaraan yang diperiksa selama PPKM darurat periode 3-20 Juli 2021 di Kabupaten Kulonprogo mencapai 6.554 kendaraan bermotor.

Instagram Reels Kini Berdurasi 2 Kali Lebih Panjang

Instagram Reels melakukan pembaruan, sekarang pengguna dapat membagikan video dengan durasi 60 detik.

Dinilai Rawan Covid-19, 3 Pusat Perbelanjaan di Solo Ini Diberi Posko PPKM Level 4

Polresta Solo mendirikan posko PPKM Level 4 di Pasar Klewer, PGS, dan BTC karena dinilai rawan penyebaran Covid-19.

Rest Area di Kabupaten Brebes Ini Berikan Nuansa Klasik

Rest area KM 260 B merupakan hasil proses revitalisasi pabrik gula yang sekarang menjadi rest area kekinian.

Dapat Bantuan Dobel, 27 Warga Gentan Klaten Kembalikan Duit Rp300.000

Jumlah warga di Desa Gentan, Gantiwarno, Klaten, yang terdaftar memperoleh bantuan di tengah pandemi Covid-19 mencapai 156 penerima manfaat bantuan.

Tipe-Tipe Kursi yang Umum Ditemukan

Ada berbagai macam tipe kursi yang bisa ditemukan. Pastikan kalian membeli kursi sesuai dengan kebutuhannya.

Akan Dikembangkan Mirip Dam Guatape, Wisata WGM Wonogiri Mungkin Tutup Sampai Proyek Rampung

Belum ada kepastian Wisata WGM Wonogiri bisa dibuka atau tidak sebelum pekerjaan fisik dimulai mengingat saat ini masih PPKM.

Hanya Punya Duit Rp5.000 untuk Beli Nasi Padang, Pedagang ini Dapat Donasi Rp108 Juta dari Netizen

Pedagang agar-agar asal Garut, Mang Eman, yang videonya membeli nasi padang dengan uang Rp5.000 viral, mendapat donasi Rp108 juta.