SOLOPOS.COM - Ariel Noah dan Ridwan Kamil (Instagram)

Elektabilitas Ridwan Kamil tertinggi menuju Pilkada Jabar meski dalam popularitas masih belum setinggi sejumlah nama lain.

Solopos.com, BANDUNG — Elektabilitas Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil tertinggi dibandingkan 14 nama lainnya menjelang Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2018. Dalam survei Indo Barometer, dia masih unggul di atas nama-nama potensial lainnya, seperti Deddy Mizwar dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat 2018 mencapai 22 persen. Ada 14 nama calon gubernur Jabar yang ditanyakan kepada responden. Hasilnya Ridwan Kamil menempati posisi pertama.

Berikutnya, ada nama Deddy Mizwar (14,1%), politikus PAN Dede Yusuf (11,8%), Dedi Mulyadi (7,3%), dan Rieke Diah Pitaloka (2,4%). “Sisanya adalah responden yang belum menjawab 34,6%,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, di Bandung, Kamis (23/3/2017).

Indo Barometer sebelum telah melakukan survei di Provinsi Jawa Barat dengan tajuk Permasalahan Jawa Barat dan Peluang Calon Gubernur 2018 yang dilaksanakan pada 27 Februari-7 Maret 2017. Jumlah responden sebanyak 800 orang serta margin of error kurang lebih 3,45%, pada tingkat kepercayaan 95 persen. “Adapun maksud dan tujuan survei untuk melihat permasalahan di Jawa Barat serta peluang calon gubernur 2018,” kata Qodari.

Ia mengatakan elektabilitas Ridwan Kamil juga masih menempati posisi tertinggi ketika responden diberi pertanyaan siapa lima nama calon gubernur Jawa Barat 2018 yang akan dipilih oleh respons.

“Jika ada lima nama calon gubernur Jabar 2018, respons akan memilih siapa. Jawabannya pertama Ridwan Kamil 25,3%, Deddy Mizwar 19,3%, Dede Yusuf 14,2%, Dedi Mulyadi 8,1%, dan Bima Arya Sugiarto 1,9%,” kata dia.

Menurut dia, meskipun dari aspek elektabilitas sosok Ridwan Kamil yang tertinggi, namun tidak dari aspek pengenalan (popularitas). Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar masih menjadi sosok terpopuler dalam survei itu.

“Lima calon dengan tingkat pengenalan tertinggi adalah Deddy Mizwar 97,8%, Desy Ratnasari 92,1%, Dede Yusuf 91,3%, Rieke Diah Pitaloka 72,5%, dan Ridwan Kamil 65,4,” kata dia.

Ia mengatakan berdasarkan data di atas, maka calon yang paling berpeluang menang di Pilkada Jabar 2018 adalah Ridwan Kamil. Meski tingkat popularitas hanya 65,4%, dia memiliki elektabilitas tertinggi.

“Hal ini dikarenakan Ridwan Kamil adalah calon gubernur Jawa Barat dengan tingkat kesukaan tertinggi. Peluang Ridwan Kamil makin besar mengingat tingkat kepuasan terhadap Wagub Jabar petahana Deddy Mizwar 42 persen,” kata dia. Akan tetapi, kata Qodari, Pilkada Jabar masih dinamis mengingat baru digelar pada Juni 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya