SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Pilkada Gunungkidul sampai pada tahap tes kesehatan. Para kandidat yakin mereka bisa lolos

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Seluruh kandidat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, baik dari jalur partai politik maupun perseorangan, mengaku optimistis lulus tes kesehatan yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul sebagai persyaratan pendaftaran menjadi peserta Pilkada 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu kandidat bakal calon Wakil Bupati, Immawan Wahyudi yang ditemui usai menjalani tes treadmill mengaku dirinya tidak melakukan persiapan khusus. Menurutnya, pemeriksaan kesehatan ini tidak jauh berbeda dengan pemeriksaan yang dijalaninya saat dirinya hendak menjadi Wakil Bupati pada 2010 lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sudah sistem, mengikuti tes kesehatan saya justru merasa lebih sehat. Semoga lolos [tes kesehatan] semua,” harap Immawan.

Sementara Djangkung Sudjarwadi di sela-sela pemeriksaan sempat bercengkerama sembari menunjukkan sejumlah gerakan untuk meyakinkan bahwa dirinya masih sehat dan memiliki stamina prima.

“Optimis lolos, terlebih ini bukan tes yang pertama kali untuk saya, dua pekan sebelumnya saya sempat menjalani pemeriksaan fisik, psikologi, selain itu tes kandungan narkoba hasilnya negatif,” ucapnya

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul, Zainuri Iksan mengatakan, standar pemeriksaan kesehatan kandidat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati akan dilakukan lebih detail dan lebih ketat dibandingkan pemeriksaan kesehatan pada Pilkada yang lalu.

Untuk proses tes kesehatan ini, KPU  menganggarkan dana sebesar Rp4 juta untuk pemeriksaan masing-masing calon. Hasil pemeriksaan nantinya akan diberitahukan kepada partai pengusungnya.

“Jika ada yang tidak lolos, partai mendapatkan kesempatan untuk mengganti calonnya,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya