SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Pilkada Gunungkidul akan berubah aturan terkait pemasangan atribut kampanye

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul melakukan pembahasan untuk merevisi isi Peraturan Bupati (Perbup) tentang Kawasan Bebas Atribut Kampanye.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul, Zainuri Ikhsan pada Senin (17/8/2015) mengatakan bahwa hal itu mendesak dilakukan mengingat tahapan pelaksanaan kampanye Pilkada 2015 hanya tinggal beberapa hari lagi. Sementara itu, Perbup tersebut harus disesuaikan dengan Peraturan KPU yang baru.

Ekspedisi Mudik 2024

Maka Zainuri berharap revisi bisa dilakukan dan diselesaikan sebelum masa pelaksanaan kampanye Pilkada dimulai dan atribut kampanye mulai bertebaran.

Disinggung mengenai penetapan jadwal kampanye, Zainuri menargetkan jadwal sudah selesai disusun pada 27 Agustus 2015 mendatang. KPU sendiri memiliki beberapa alternatif jadwal kampanye yang nantinya akan dikonsultasikan dengan instansi terkait serta tim sukses masing-masing calon. Dalam pelaksanaan kampanye nantinya, akan diawali dengan deklarasi kampanye damai

Ia menerangkan, saat ini tahapan Pilkada 2015 Kabupaten Gunungkidul sudah sampai dalam proses pemeriksaan berkas persyaratan pasangan calon. Tahalan dilanjutkan dengan penetapan calon bupati dan wakil bupati pada 24 Agustus 2015.

“Setelah penetapan, kita akan segera susun jadwal kampanye,” ujarnya.

Terpisah, Komisioner Divisi Pengawasan Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Gunungkidul, Budi Haryanto mengaku pihaknya siap untuk mengawal pelaksanaan kampanye Pilkada. Seluruh pangawas mulai dari  tingkat kecamatan hingga desa sudah diminta untuk bersiap mengawal Pilkada agar semua berjalan sesuai peraturan yang berlaku.

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Gunungkidul, Hery Sukaswadi menyatakan bahwa Perbup yang mengatur mengenai kawasan bebas atribut kampanye sudah ada di Gunungkidul. Meski demikian ia juga membenarkan bahwa saat ini proses koreksi atau perbaikan Perbup sedang berjalan bersama KPU Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya