SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pilkada Gunungkidul akan membutuhkan dana kampanye yang tidak sedikit sehingga PDIP meminta anggota DPRD ikut menyokong

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul wajib ikut menyokong dana logistik kampanye pemenangan pasangan Djangkung Sudjarwadi dan Endah Subekti Kuntariningsih pada Pilkada 2015 Kabupaten Gunungkidul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP Bidang Organisasi, Idham Samawi, pada Jumat (31/7/2015) menjelaskan bahwa kewajiban tersebut sebagai bentuk perwujudan gotong royong dalam tubuh partai. Secara prinsip, gotong royong diterapkan dalam bentuk memberikan daya upaya dari segala sumber yang dimiliki kader.

“Kalau bisa membantu tenaga, beri tenaga, kalau punya pikiran, bantu pikiran, kalau punya tenaga dan pikiran, bantu dengan keduanya. Kalau punya materi, berikan juga, walau Rp100 pun, bukan dilihat dari jumlah, tapi dari ketulusan mewujudkan sikap gotong royong itu,” paparnya.

Hal tersebut, juga telah disampaikan dalam orasinya saat Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) PDI P Gunungkidul, di GOR Siyono, Senin (26/7/2015) silam. Idham menambahkan, khusus untuk anggota DPRD dari Fraksi PDI P hal ini menjadi kewajiban, meski secara jumlah nominal, ia katakan relatif.

Pasalnya, segenap kader sudah mendukung mereka maju ke legislatif, sehingga ketika ada kader lain yang akan maju menjadi kepala daerah harus pula didukung maksimal.

“Untuk dana kampanye Djangkung dan Endah, saya pribadi menyumbang, tidak perlu saya sebutkan, yang pasti saya akan turut menyumbang. Saya harap diikuti juga oleh kawan-kawan anggota DPRD,” lanjutnya.

Mantan Bupati Bantul ini juga menyatakan ada sanksi khusus kepada anggota DPRD Gunungkidul yang mengabaikan instruksi yang disebutnya sudah diatur secara tertulis dan ditandatangani oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri itu.

Di samping itu, ia juga meminta kepada semua kader partai yang duduk di legislatif untuk bisa bergerak secara terbagi merata hingga ke kecamatan-kecamatan.

Partai, imbuhnya, juga mempersiapkan sanksi tegas kepada kader yang membelot dan menjadi pengkhianat dalam Pilkada 2015. Pemecatan ia ancamkan kepada kader yang berdiri di dua kaki, mendukung calon lain, atau bahkan mencalonkan diri dari partai lain. Idham mencontohkan, pihaknya saat ini sudah merancang pergantian antar waktu dan pemecatan kepada salah satu anggota DPRD Sleman dari Fraksi PDIP yang diketahui mencalonkan diri dari partai lain.

Anggota Fraksi PDI P DPRD Kabupaten Gunungkidul, Suharno menyebutkan bahwa tanpa diinstruksikan, seluruh kader siap untuk membantu pemenangan Djangkung-Endah. Selain itu untuk sokongan berupa materi atau dana, ia menyebut fraksi PDI P sudah menyiapkan materi untuk digunakan melangkah turun ke masyarakat melalui program dan lainnya.

“Kalau materi, kita siap,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya