SOLOPOS.COM - Logo PAN (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada Boyolali membuat anggota Fraksi PAN terbelah akibat munculnya surat rekomendasi DPP PAN mengusung Toto

Solopos.com,BOYOLALI—Anggota Fraksi PAN DPRD Boyolali diingatkan untuk patuh terhadap instruksi DPP PAN dengan mengamankan rekomendasi DPP terkait calon bupati dan wakil bupati.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Deklarator PAN Boyolali, Sarbini, menyampaikan dinamika di internal partai yang muncul di awal pencalonan bupati dan wakil bupati merupakan hal yang wajar dalam dunia politik. Seperti diketahui, sebelum turunnya rekomendasi dari DPP PAN, dukungan pengurus PAN Boyolali terbelah. Ada yang menginginkan PAN tetap berada di Koalisi Boyolali Bangkit (KBB) namun ada juga pengurus yang memilih menyeberang mendukung pasangan Seno Samodro-Said Hidayat yang diusung PDIP.

“Namun, saat ini rekomendasi dari DPP sudah ada dan PAN resmi mendukung pasangan Agus Purmanto-Sugiyarto [Toto]. Oleh karena itu, kami mengingatkan kepada semua kader khususnya kader yang saat ini duduk di legislatif untuk ikut mengamankan rekomendasi,” kata Sarbini, kepada Solopos.com, Rabu (5/8/2015).

Sarbini juga menyayangkan surat resmi dari DPP PAN yang memberikan rekomendasi kepada pasangan Agus Purmanto-Sugiyarto tidak dipakai untuk ikut mengusung calon tersebut. Penyebabnya, Ketua DPD PAN, Adha Nur Mujtahid, hingga detik terakhir pendaftaran calon tak bersedia hadir di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali untuk ikut mengusung pasangan tersebut.

Sarbini menyebut dengan tindakan Ketua DPD tersebut, tidak menutup kemungkinan menimbulkan implikasi karena partai dengan perolehan suara terbanyak ketiga di Boyolali justru tidak bisa menjadi partai pengusung dalam Pilkada 2015. “Ada rumor penggantian ketua DPD, tetapi itu nanti jadi wewenang DPP. Kami di DPD tidak tahu menahu kalau soal itu,” kata Sarbini. Dia hanya mengingatkan kader dan anggota fraksi PAN di DPRD untuk patuh terhadap instruksi dari DPP.

Koordinator Forum DPC yang juga Ketua DPC PAN Simo, Ikhsan Hadiyanto, mengatakan 12 dari 19 Ketua DPC PAN di Boyolali sudah sepakat untuk tetap mendukung pasangan Toto dalam Pilkada 2015. Mereka bahkan sudah menunjuk ketua tim pemenangan dari internal PAN. “Kami tunjuk Isa Anshori sebagai ketua tim PAN untuk pemenangan pasangan Toto.”

Ketua Fraksi Amanat Bangsa dan Demokrat DPRD Boyolali, Musthofa Syafawi, yang juga Wakil Ketua DPD PAN Boyolali, mengatakan wajar jika beberapa anggota Fraksi PAN bebas menentukan sikap saat belum ada rekomendasi resmi dari DPP PAN. Saat itu, anggota Fraksi PAN seperti Musthofa dan Dhofari memilih merapat ke PDIP mendukung Seno-Said.  “Sekarang kalau sudah ada rekomendasi resmi, mau tidak mau kami harus tegak lurus instruksi partai,” kata Musthofa.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya