SOLOPOS.COM - Seno-Samodro-Said Hidayat menyapa pendukungnya menggunakan mobil jeep seusai deklarasi kemenangan hasil perhitungan cepat internal partai, Rabu (9/12/2015) sore. (M Ismail/JIBI/Solopos)

Pilkada Boyolali, tahap pemungutan suara telah berakhir.

Solopos.com, BOYOLALI — Surat suara yang rusak di pemilihan kepala daerah (pilkada) Boyolali tahun ini mencapai 13.752 lembar. Surat suara rusak itu diketahui dari hasil formulir C1 yang masuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com, di pilkada2015.kpu.go.id, angka golongan putih (golput) sekitar 150.000 orang. Sedangkan tingkat partisipasi pemilih mencapai 605.210 orang atau 79,27%. Surat suara sah mencapai 591.345 atau sekitar 97,71%.

Ekspedisi Mudik 2024

Pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Boyolali mendapatkan suara sebanyak 69,67% atau sebanyak 412.573 suara, mengungguli pasangan Agus Purmanto-Sugiyarto (Toto) memperoleh suara sebanyak 30,33% sebanyak 179.613 suara. Jumlah suara masuk sudah mencapai 100% dari 1.295 TPS di Boyolali. DPT pilkada 763.171 orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali, Siswadi Sapto Hardjono, mengatakan perhitungan data C1 sudah selesai hasilnya tidak berubah seperti kemarin. Target partisipasi masyarakat di pilkada tahun ini melebihi target. “Sejak awal sebelum pelaksanaan pilkada kami menargetkan angka partisipasi pemilih sebanyak 77,5%. Sementara pastisipasi pemilih di pikada tahun ini sebanyak 79,27%,” ujar Siswadi saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Siswadi mengaku masih banyaknya golput lebih disebabkan banyaknya warga yang bekerja di luar kota saat pilkada berlangsung. Angka golput tertinggi ada di wilayah Boyolali bagian utara seperti Juwangi, Karanggede, Kemusu, dan lainnya. “Kami juga menyoroti tingginya surat suara rusak yang mencapai 13.752 lembar. Angka itu diluar dugaan KPU,” kata dia.

Siswadi mengatakan KPU sudah berusaha keras melakukan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana mencobos surat suara sah. Namun, setelah melihat hasil ini perlu kerja keras kedepannya agar bisa menekan jumlah suara rusak.

Sementara itu, Ketua Pemilihan Kecamatan (PPK) Mojosongo, Harjanto, mengatakan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Boyolali 2015 tingkat Kecamatan Mojosongo dilaksanakan di kantor kecamatan, Jumat (11/12).

Hasil rekapitulasi itu pasangan Seno Samodro-Said Hidayat memperoleh suara sebanyak 28.107 suara, sedangkan Agus Purmanto-Sugiyarto mendapatkan suara sebanyal 6.115 suara.

“Jumlah suara sah sebanyak 34.222 suara dan suara tidak sah sebanyak 910 suara. Total semuanya suara sah dan tidak sah sebanyak 35.132 suara,” kata Harjanto saat ditemui di kantor kecamatan.

Ia mengatakan setelah rekapitulasi selesai selanjutnya akan dikirim ke KPU. Selama proses rekapitulasi kedua saksi kedua pasangan cabup dan cawabup tidak ada yang mengajukan protes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya