SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas menurunkan spanduk bergambar salah satu calon bupati peserta Pilkada, Jumat (25/9/2015) di wilayah Kecamatan Pandak. (HarianJogja/Bhekti Suryani)

Pilkada Bantul masuk masa tenang, seluruh atribut kampanye dibersihkan

Harianjogja.com, BANTUL- Aparat gabungan membersihkan ribuan Alat Peraga Kampanye (APK), Minggu (6/12/2015), memasuki hari tenang sebelum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul Divisi Hukum,  Syahrudin mengatakan, puluhan aparat dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kepolisian, TNI, beserta KPU dan Panwaslu bakal membersihkan seluruh atribut kampanye yang terpasang di 17 kecamatan di Bantul.

Atribut tersebut sebelumnya dipasang oleh KPU. Syahrudin menyebut ada sebanyak 150 spanduk, 170 umbul-umbul dan lima baliho berisi gambar pasangan calaon yang terserbar di Bantul. Belum termasuk bahan kampanye seperti poster yang ditempel di berbagai tempat.

Total alat kampanye tersebut mencapai hingga ribuan buah. “Spanduk saja tiap desa jatahnya dua dikali 75 desa, lalu umbul-umbul tiap kecamatan 10,” papar Syahrudin, Minggu (7/12/2015).

Menurut Syahrudin, pembersihan atribut kampanye tersebut lebih mudah dilakukan karena KPU telah mengetahui tiap lokasinya. Dibanding Pemilu sebelumnya pembersihan atribut lebih repot.

Sebab, partai atau pasangan calon boleh memasang alat kampanye yang jumlahnya jauh lebih banyak dari yang dipasang KPU pada Pilkada tahun ini. “Kalau dulu yang bertanggungjawab membersihkan juga parpol, jadi repot kadang tidak dibersihkan meski sudah masuk hari tenang,” ujarnya.

Selain atribut legal, petugas juga membersihkkan alat kampanye ilegal yang bertebaran namun tidak dipasang oleh KPU. “Atribut kampanye ilegal itu kan juga banyak yang bermunculan lagi. Itu sekalian kami bersihkan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya