Tutup Iklan

PILKADA 2018 : Sukarelawan Ganjar Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam

PILKADA 2018 : Sukarelawan Ganjar Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam

SOLOPOS.COM - Dua calon gubernur peserta Pilgub Jateng 2018, Sudirman Said dan Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/R.-Rekotomo)

Pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 diwarnai black campaign atau kampanye hitam terhadap Sudirman Said, namun yang mengadu ke polisi justru Sukarelawan Ganjar Pranowo.

Solopos.com, SEMARANG — Tim sukarelawan media sosial calon gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (15/2/2018), melaporkan sebuah akun Twitter yang diduga menyebarkan unggahan yang terindikasi sebagai black campaign atau kampanye hitam. Padahal sasaran materi black campaign atau kampanye hitam itu cagub yang merupakan rival mereka, yakni Sudirman Said.

“Kami telah melaporkan akun palsu @ganjar2periode dan berkoordinasi dengan Satgas Antikampanye Polda Jateng terkait penanganannya,” kata Priyanto selaku Juru Bicara Sukarelawan Ganjar Pranowo di Kota Semarang, Kamis.

Akun @ganjar2periode tersebut mengunggah sebuah foto bertuliskan, “Jangan pilih Sudirman Said. Dia ternyata merupakan keturunan Kristen yang berkedok Islam!”

Kicauan melalui Twitter itu disertai dua foto Sudirman Said, salah satunya foto wajah Sudirman dengan latar belakang bendera Israel. Kicauan itu pun 39 kali dibagikan dengan 112 komentar dan disukai oleh 40 akun, bahkan saat ini foto unggahan akun @ganjar2periode tersebut disebarkan juga lewat sejumlah grup WhatsApp (WA).

Menurut dia, unggahan dari akun @ganjar2periode itu dinilai merugikan pihaknya. Karena itu, ia berharap polisi bisa segera menindaklanjuti sekaligus menangkap pemilik akun yang oleh pihak Ganjar Pranowo dinyatakan palsu tersebut.

Priyanto selaku Juru Bicara Sukarelawan Ganjar Pranowo itu sempat menjelaskan bahwa pihaknya mengadu ke polisi karena unggahan akun @ganjar2periode tersebut seolah-olah menyudutkan Sudirman Said, namun efek yang ditimbulkan justru merugikan Ganjar Pranowo.

“Dengan unggahan tersebut, seolah-olah kami sukarelawan Ganjar menjadi penyebar kampanye hitam, padahal itu bukan akun kami dan kami menolak kampanye hitam sehingga jelas kami yang dirugikan, Pak Ganjar yang lebih dirugikan, bukan pihak lawan,” ujar dia.

Sementara itu, gubernur petahana yang kembali mencalonkan diri dalam pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018, Ganjar Pranowo, sudah mengomentari akun palsu tersebut melalui akun @ganjarpranowo pada 14 Februari 2018 pukul 17.54 WIB. Ganjar yang berpasangan dengan cawagub Taj Yasin itu menyayangkan penggunaan namanya sebagai akun yang digunakan untuk lawan politik. “Kenapa kalian tega menggunakan nama saya untuk memfitnah orang?” tulis Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Jangan Ikut Salah Paham soal 5G, Baca Ini!

Pemerintah baru-baru ini mengumumkan warga negara Indonesia bisa menikmati generasi kelima atau 5G teknologi seluler, jangan gagap teknologi!

Turki 0-2 Wales: The Dragons Buka Kans ke 16 Besar

Wales berpeluang besar lolos ke fase gugur apakah sebagai dua tim teratas klasemen maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.

Kemendikbud Klaim 78,3% SD Sudah Tatap Muka Terbatas

Kemendikbud Ristek mengklaim 78,3% dari 50.000 sekolah dasar di Indonesia telah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.