PILKADA 2018 : Sukarelawan Ganjar Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam

PILKADA 2018 : Sukarelawan Ganjar Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam

SOLOPOS.COM - Dua calon gubernur peserta Pilgub Jateng 2018, Sudirman Said dan Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/R.-Rekotomo)

Pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 diwarnai black campaign atau kampanye hitam terhadap Sudirman Said, namun yang mengadu ke polisi justru Sukarelawan Ganjar Pranowo.

Solopos.com, SEMARANG — Tim sukarelawan media sosial calon gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (15/2/2018), melaporkan sebuah akun Twitter yang diduga menyebarkan unggahan yang terindikasi sebagai black campaign atau kampanye hitam. Padahal sasaran materi black campaign atau kampanye hitam itu cagub yang merupakan rival mereka, yakni Sudirman Said.

"Kami telah melaporkan akun palsu @ganjar2periode dan berkoordinasi dengan Satgas Antikampanye Polda Jateng terkait penanganannya," kata Priyanto selaku Juru Bicara Sukarelawan Ganjar Pranowo di Kota Semarang, Kamis.

Akun @ganjar2periode tersebut mengunggah sebuah foto bertuliskan, "Jangan pilih Sudirman Said. Dia ternyata merupakan keturunan Kristen yang berkedok Islam!"

Kicauan melalui Twitter itu disertai dua foto Sudirman Said, salah satunya foto wajah Sudirman dengan latar belakang bendera Israel. Kicauan itu pun 39 kali dibagikan dengan 112 komentar dan disukai oleh 40 akun, bahkan saat ini foto unggahan akun @ganjar2periode tersebut disebarkan juga lewat sejumlah grup WhatsApp (WA).

Menurut dia, unggahan dari akun @ganjar2periode itu dinilai merugikan pihaknya. Karena itu, ia berharap polisi bisa segera menindaklanjuti sekaligus menangkap pemilik akun yang oleh pihak Ganjar Pranowo dinyatakan palsu tersebut.

Priyanto selaku Juru Bicara Sukarelawan Ganjar Pranowo itu sempat menjelaskan bahwa pihaknya mengadu ke polisi karena unggahan akun @ganjar2periode tersebut seolah-olah menyudutkan Sudirman Said, namun efek yang ditimbulkan justru merugikan Ganjar Pranowo.

"Dengan unggahan tersebut, seolah-olah kami sukarelawan Ganjar menjadi penyebar kampanye hitam, padahal itu bukan akun kami dan kami menolak kampanye hitam sehingga jelas kami yang dirugikan, Pak Ganjar yang lebih dirugikan, bukan pihak lawan," ujar dia.

Sementara itu, gubernur petahana yang kembali mencalonkan diri dalam pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018, Ganjar Pranowo, sudah mengomentari akun palsu tersebut melalui akun @ganjarpranowo pada 14 Februari 2018 pukul 17.54 WIB. Ganjar yang berpasangan dengan cawagub Taj Yasin itu menyayangkan penggunaan namanya sebagai akun yang digunakan untuk lawan politik. "Kenapa kalian tega menggunakan nama saya untuk memfitnah orang?" tulis Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.