SOLOPOS.COM - Sudirman Said (kanan) di lokasi banjir di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jateng, Minggu (25/2/2018). (Youtube-Dirman Ida)

Banjir Brebes menarik simpati calon gubernur Sudirman Said yang tengah berlaga di arena pilkada atau Pilgub Jateng 2018.

Semarangpos.com, BREBES – Calon gubernur (cagub) Jawa Tengah (Jateng) nomor urut 2 di pilkada atau lebih tepatnya Pilgub Jateng 2018, Sudirman Said, menilai masyarakat di Jateng tangguh menghadapi bencana. Hal itu ia sampaikan kala mengunjungi lokasi banjir di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Minggu (25/2/2018) lalu.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Pria yang akrab disapa Pak Dirman itu menilai masih ada kebahagiaan di antara masyarakat meski sedang didera bencana banjir. “Meskipun susah, rumah mereka tenggelam, tapi tetap ada kegembiraan. Dan kegembiraan ini modal untuk terus bertahan semangat, untuk menyelesaikan masalah,” Sudirman Said seperti pada video yang diunggah ke saluran Youtube tim media Sudirman Said-Ida Fauziyah di Pilgub Jateng dalam rangkaian pilkada serentak 2018, Dirman Ida, Senin (26/2/2018).

Menurutnya, pemimpin Jateng harus memperkuat diri agar bisa menggerakkan masyarakat Jateng yang sudah tangguh menghadapi bencana. “Memang rakyat Jawa Tengah itu tangguh, tinggal pemimpinnya mesti memperkuat diri untuk bisa menggerakkan mereka,” ungkap mantan menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM) itu.

Sudirman Said menilai banjir yang mendera wilayah Brebes disebabkan curah hujan yang tinggi. Selain itu. ia menduga banjir di Brebes itu juga dipengaruhi faktor lingkungan sekitar lokasi banjir.

Cagub yang didampingi calon wakil gubernur (cawagub) Ida Fauziyah di Pilgub Jateng dalam rangkaian pilkada serentak 2018 ijuga tu menduga hutan di dataran yang lebih tinggi sudah gundul sehingga menyebabkan banjir di Brebebs. Mungkin juga ada daerah tinggi-tinggian yang mulai dibabat hutannya kan, untuk pembangunan, rumah, barangkali pabrik. kemduain air nggelontor begitu deras, resapannya kurang. Sementara di hilir juga mau tak mau pembangunan juga cepat, semula tanah untuk serapan menjadi tempat lewat air,” ungkap Sudirman Said.

Pria kelahiran Brebes, 54 tahun silam itu mengungkapkan dirinya akan menjadikan bencana banjir di Brebes itu sebagai pelajaran. Sudirman Said yang maju di pilkada atau lebih tepatnya Pilgub Jateng 2018 bersama Ida Fauziyah itu berharap banjir di Brebes segera surut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya