BANJIR BREBES : Sudirman Said Sebut Warga Jateng Tangguh Hadapi Bencana

BANJIR BREBES : Sudirman Said Sebut Warga Jateng Tangguh Hadapi Bencana

SOLOPOS.COM - Sudirman Said (kanan) di lokasi banjir di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jateng, Minggu (25/2/2018). (Youtube-Dirman Ida)

Banjir Brebes menarik simpati calon gubernur Sudirman Said yang tengah berlaga di arena pilkada atau Pilgub Jateng 2018.

Solopos.com, BREBES – Calon gubernur (cagub) Jawa Tengah (Jateng) nomor urut 2 di pilkada atau lebih tepatnya Pilgub Jateng 2018, Sudirman Said, menilai masyarakat di Jateng tangguh menghadapi bencana. Hal itu ia sampaikan kala mengunjungi lokasi banjir di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Minggu (25/2/2018) lalu.

Pria yang akrab disapa Pak Dirman itu menilai masih ada kebahagiaan di antara masyarakat meski sedang didera bencana banjir. "Meskipun susah, rumah mereka tenggelam, tapi tetap ada kegembiraan. Dan kegembiraan ini modal untuk terus bertahan semangat, untuk menyelesaikan masalah," Sudirman Said seperti pada video yang diunggah ke saluran Youtube tim media Sudirman Said-Ida Fauziyah di Pilgub Jateng dalam rangkaian pilkada serentak 2018, Dirman Ida, Senin (26/2/2018).

Menurutnya, pemimpin Jateng harus memperkuat diri agar bisa menggerakkan masyarakat Jateng yang sudah tangguh menghadapi bencana. "Memang rakyat Jawa Tengah itu tangguh, tinggal pemimpinnya mesti memperkuat diri untuk bisa menggerakkan mereka," ungkap mantan menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM) itu.

Sudirman Said menilai banjir yang mendera wilayah Brebes disebabkan curah hujan yang tinggi. Selain itu. ia menduga banjir di Brebes itu juga dipengaruhi faktor lingkungan sekitar lokasi banjir.

Cagub yang didampingi calon wakil gubernur (cawagub) Ida Fauziyah di Pilgub Jateng dalam rangkaian pilkada serentak 2018 ijuga tu menduga hutan di dataran yang lebih tinggi sudah gundul sehingga menyebabkan banjir di Brebebs. Mungkin juga ada daerah tinggi-tinggian yang mulai dibabat hutannya kan, untuk pembangunan, rumah, barangkali pabrik. kemduain air nggelontor begitu deras, resapannya kurang. Sementara di hilir juga mau tak mau pembangunan juga cepat, semula tanah untuk serapan menjadi tempat lewat air," ungkap Sudirman Said.

Pria kelahiran Brebes, 54 tahun silam itu mengungkapkan dirinya akan menjadikan bencana banjir di Brebes itu sebagai pelajaran. Sudirman Said yang maju di pilkada atau lebih tepatnya Pilgub Jateng 2018 bersama Ida Fauziyah itu berharap banjir di Brebes segera surut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

2.035 Kendaraan Berpelat Luar Daerah Diperiksa di Perbatasan Prambanan

Tim gabungan telah memeriksa 2.035 kendaraan dari berbagai jenis menjelang Lebaran 2021.

Motor Sport Kecelakaan di Jl. Slamet Riyadi Solo, 1 ABG Luka Parah

Kecelakaan lalu lintas melibatkan 2 sepeda motor dan 1 mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi di timur Simpang Ngarsopuro, pada Selasa (11/5/2021) malam.

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.