SOLOPOS.COM - Sudirman Said. (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Pilkada atau tepatnya Piilgub Jateng 2018 tetap akan diikuti Sudirman Said meskpun ia hanya dicalonkan sebagai cawagub.

Semarangpos.com, SEMARANG — Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said yang belakangan hari ini intensif menyosialisasikan diri sebagai kandidat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah mengaku rela seandainya dirinya hanya akan dicalonkan partai politik sebagai calon wakil gubernur (cawagub).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bagi Sudirman Said yang tergeser dari Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo setelah dianggap membuat kegaduhan gara-gara melaporkan mantan Ketua DPR yang juga Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan DPR terkait perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia itu yang paling utama adalah berkontribusi kepada Jateng. “Saya terbuka, mau maju jadi gubernur, mau jadi wagub, yang penting adalah bagaimana kita berkontribusi kepada masyarakat Jateng,” katanya di Semarang, Sabtu (7/10/2017).

[Baca juga Ini Pernyataan Lengkap Sudirman Said Soal “Komandan” Pencatut Jokowi]

Sudirman memastikan tidak akan mempermasalahkan jika harus menjadi cawagub dalam mendampingi cagub yang diusung parpol koalisi dalam pilgub yang lebih dikenal sebagai Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jateng 2018 itu. “Saya sedang tidak mencari pekerjaan, jadi tidak penting saya dalam posisi apa,” ujarnya.

Dalam tiga bulan terakhir, Sudirman mengaku sudah melakukan sosialisasi rencana pencalonan dirinya pada pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 itu ke berbagai lapisan masyarakat di 22 kabupaten dan kota di Provinsi Jateng. “Dari berbagai pertemuan dengan berbagai lapisan masyarakat, seperti tokoh politik, ulama, akademisi, dan tokoh-tokoh media, kesan yang saya tangkap adalah mereka antusias serta membutuhkan pembaruan,” katanya.

[Baca juga PKB Pasangkan Marwan Jafar dan Sudirman Said untuk Pilgub Jateng]

Sudirman bersyukur sosialisasi pencalonan dirinya kepada masyarakat itu juga mendapat respons positif dari tiga partai politik, yakni Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Amanat Nasional. “Partai Gerindra mengumumkan dua calonnya untuk bersosialisasi, PKS juga menyebut saya sebagai calonnya, berikutnya PAN juga,” katanya.

Ketiga parpol tersebut, kata Sudirman, telah meminta dirinya masuk ke dalam struktur partai agar bisa mulai berinteraksi dengan para pendukung partai. “Demokrasi yang baik memang butuh pilar parpol yang kuat. Oleh karena itu, saya tidak mempertimbangkan untuk masuk dari jalur independen,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya