SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo, Taj Yasin, Zilvia Iskandar, Ida Fauziyah, dan Sudirman Said (dari kiri ke kanan) sebelum tampil di acara Kandidat Bicara Metro TV, Kamis (15/3/2018) malam. (Instagram-@zilviaiskandar)

Pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 diramaikan dengan pemaparan visi-misi dua paslon di satu acara.

Semrangpos.com, SOLO – Tampil di acara bertajuk Kandidat Bicara yang ditayangkan Metro TV, Kamis (15/3/2018), dua pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jateng (cagub-cawagub) di pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018, Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah, berkesempatan memaparkan perihal kebudayaan. Salah satu panelis di acara tersebut meminta kedua pasangan itu untuk menjelaskan apa itu daerah yang berkebudayaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sudirman Said yang mendapatkan kesempatan pertama untuk menjawab, menegaskan daerah berkebudayaan adalah daerah yang mampu menjaga hasil kebudayaannya. Ia berjanji akan membangun Jateng menjadi daerah berkebudayaan.

Sesuai janji ke-12 dari 22 janji yang telah ia deklarasikan, cagub yang berdampingan dengan Ida Fauziyah di pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 itu membeberkan akan membuat beberapa festival kebudayaan. “Janji nomor 12, kita ingin membangun Jateng yang penuh dengan festival kebudayaan,” ujar Sudirman Said.

Ganjar Pranowo yang mendapatkan pertanyaan yang sama lantas memamerkan festival-festival budaya yang memang sudah digelar di Jateng, mulai dari Festival Lima Gunung hingga Dieng Culture Festival. “Festival Lima Gunung itu mereka tak dicampuri pemerintah kok, sampai juga Dieng Culture Festival. Tapi kita tetap akan menjaga kebudayaan mulai dari pemndidikan sampai dengan kultur keseharian,” ungkap Ganjar Pranowo.

Ganjar juga mengungkapkan dirinya sudah mencanangkan program menggunakan bahasa Jawa setiap Kamis di beberapa institusi. Bahasa Jawa, menurut Ganjar, bukan hanya bahasa Jawa gaya Solo, namun juga gaya ngapak dan gaya bahasa Jawa lainnya.

Sementara itu, Taj Yasin dan Ida Fauziyah yang masing mendampingi Ganjar Pranowo dan Sudirman Said di pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018, sama-sama ingin memajukan kebudayaan di Jateng. Taj Yasin ingin memajukan kebudayaan melalui hal kecil seperti menjaga kebersihan, sedangkan Ida Fauziyah ingin kebudayaan di Jateng semakin maju dan diakui dunia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya