PILKADA 2018 : Sudirman-Ida Targetkan 8 Juta Suara Perempuan

PILKADA 2018 : Sudirman-Ida Targetkan 8 Juta Suara Perempuan

SOLOPOS.COM - Para anggota Sahabat Perempuan Padi saat menggelar jumpa pers di kantor tim pemenangan Sudirman Said-Ida Fauziyah, Semarang, Rabu (14/2/2017). (Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com)

Pilkada 2018 diwarnai upaya paslon Sudirman-Ida dalam meraih dukungan perempuan di Pilgub Jateng.

Solopos.com, SEMARANG – Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah (Jateng), Sudirman Said-Ida Fauziyah, menargetkan 8 juta suara dari kalangan perempuan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng dalam rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018. Target itu akan dicapai melalui berbagai strategi, salah satunya dengan program pemberdayaan perempuan, Setara.

Setara yang merupakan singkatan dari Sejuta Wirausaha Perempuan itu akan menjadi ujung tombak tim pemenangan Sudirman-Ida dalam meraih simpati kaum perempuan di Jateng. “Setara merupakan wujud keberpihakan Pak Dirman dan Bu Ida pada perempuan. Dengan banyaknya organisasi perempuan yang bergabung, bukan hal mustahil meraih tujuh juta hingga delapan juta suara perempuan,” ujar Ketua Tim Perjuangan Merah-Putih, Ali Khamdi, saat jumpa pers di Kantor Tim Pemenangan Sudirman-Ida, Kota Semarang, Rabu (14/2/2018).

Suara perempuan pada pilkada atau Pilgub Jateng 2018 memang menjadi incara para paslon untuk meraih kemenangan. Mengacu Pilgub 2013, dari 27 juta lebih suara yang masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng hampir 55% atau sekitar 13,5 juta merupakan milik perempuan.

Kondisi itulah yang membuat paslon Sudirman-Ida berusaha menarik simpati para perempuan. Terlebih lagi, dari dua paslon yang bersaing dalam Pilgub Jateng, hanya Sudirman-Ida yang mengusung calon perempuan.

Ali menambahkan dalam pelaksanaan Setara, pihaknya akan menggendeng berbagai organisasi perempuan seperti Fatayat, Muslimat, Aisyiah, serta beberapa organisasi perempuan dari partai politik pengusung Sudirman-Ida.

Salah satu organisasi yang telah bergabung dengan tim pemenangan Sudirman-Ida itu adalah Perempuan Sahabat Padi. Juru bicara Perempuan Sahabat Padi, Utera Dinar Utami, menyebutkan alasannya bergabung dalam tim pemenangan Sudirman-Ida.

“Kami dibentuk atas dasar keprihatinan terhadap kondisi perempuan di Jateng saat ini. Kami melihat pemerintah saat ini kurang berpihak dengan perempuan, terutama dalam pemberdayaan ekonomi untuk keluarga,” terang perempuan yang akrab disapa Ira itu.

Ira menambahkan Perempuan Sahabat Padi dibentuk dari beberapa elemen organisasi sayap parpol pengusung Sudirman-Ida, non goverment organization (NGO), dan wirausaha perempuan. Selain itu juga ada Pira (Perempuan Indonesia Raya) yang merupakan organisasi perempuan Partai Gerindra, BPKK (Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga) milik PKS, serta Puan (Perempuan Amanat Nasional) dari PAN.

“Ke depan kami akan membuat workshop, serta pelatihan tentang wirausaha dan pengelolaan keuangan bagi perempuan. Kami juga akan membentuk perwakilan Perempuan Sahabat Padi mulai dari tingkat kabupaten hingga desa untuk pemenangan Sudirman-Ida,” tutur Ira.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).