SOLOPOS.COM - Ilustrasi debat (deloitte.com)

Pilkada 2018, debat peserta Pilkada Kota Madiun dilaksanakan nanti sore.

Madiunpos.com, MADIUN — Sore nanti pukul 15.00 WIB, Rabu (21/3/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun menggelar kegiatan debat publik tahap pertama bagi pasangan calon peserta Pilkada Kota Madiun tahun 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua KPU Kota Madiun Sasongko mengatakan debat publik Pilkada Kota Madiun 2018 tahap pertama akan digelar di Wisma Haji Kota Madiun.

“Adapun tema yang akan dibahas dalam debat publik tahap pertama calon kepala daerah Kota Madiun adalah mengenai tata kelola pemerintahan, ekonomi kerakyatan, good goverment, dan tata ruang wilayah,” ujar Sasongko di Madiun, Selasa(20/3/2018).

Dia menjelaskan debat kandidat tahap pertama akan berlangsung selama 1,5 jam dengan terbagi dalam empat segmen. Segmen pertama yaitu pemaparan visi dan misi, pertanyaan moderator, saling bertanya, dan terakhir debat antarpasangan calon.

Dia mengatakan debat publik pertama nanti akan dimoderatori oleh mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Profesor Sudharto, yang dianggap sangat mumpuni. (baca: Mantan Rektor Undip Jadi Moderator Debat Cawali-Cawawali Madiun)

“Alasan menunjuk Prof Sudharto karena beliau pernah jadi moderator dalam Pilpres 2014 dan menjadi panelis dalam sejumlah debat kandidat di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat,” kata Sasongko.

Nantinya, setiap pasangan calon diperbolehkan membawa pendukung maksimal sebanyak 100 orang. Masing-masing pendukung harus mematuhi peraturan dan mengenakan pakaian yang sopan.

Selama debat kandidat, ungkap Sasongko, seluruh pendukung tidak diperbolehkan menyampaikan pertanyaan maupun ujaran kebencian. Selain itu, mereka juga harus menjaga kondisi debat tetap aman dan tidak ricuh.

Pilkada Kota Madiun 2018 diikuti oleh pasangan nomor urut 1 Maidi-Inda Raya (Mada) yang diusung koalisi lima parpol, yakni PDIP, Demokrat, PKB, PAN, dan PPP. Pasangan nomor urut 2 dari jalur perseorangan Harryadin Mahardika-Arief Rahman. Lalu pasangan nomor urut 3 Yusuf Rohana-Bambang Wahyudi yang diusung koalisi Gerindra, PKS, dan Golkar.

Selama masa kampanye, KPU Kota Madiun akan menggelar dua kali debat publik bagi pasangan calon. Adapun debat publik tahap dua akan digelar pada 21 Juni mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya