SOLOPOS.COM - Ilustrasi diorama tempat pemungutan suara pemilihan umum (TPS pemilu). (JIBI/Bisnis/Rachman)

Pilkada 2018, Polres Boyolali memantau TPS saat Pilgub Jateng.

Solopos.com, BOYOLALI — Polres Boyolali mengembangkan pusat data dan informasi untuk memantau pelaksanaan pemilu gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pusat data berbasis jaringan internet ini akan menjadi sentra pengumpulan informasi dari petugas polisi yang berada di tempat pemungutan suara (TPS) pada 27 Juni 2018.

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan penerapan program ini diharapkan para pimpinan di Polres bisa mengetahui berbagai informasi seputar pelaksanaan pemilu secara realtime. Selanjutnya mereka akan lebih cepat mengambil tindakan jika terjadi suatu permasalahan.

Kapolres Boyolali AKBP Aries Andhi mengatakan, petugas yang bertugas di suatu TPS berkewajiban mengirimkan informasi melalui gadget mereka yang terhubung dengan jaringan internet.

“Nanti pada saat pemilu, petugas akan melaporkan situas terkini mengenai kondisi di TPS masing-masing melalui ponsel yang terhubung dengan internet. Informasi itu nanti terpusat di Mapolres,” ujarnya saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (21/2/2018).

Sementara itu, kendala yang berpotensi muncul dalam program ini adalah ketersediaan jaringan internet yang memadai di wilayah yang jauh dari base transceiver station (BTS).

“Kendalanya nanti mungkin ada daerah yang sinyalnya jelek, tapi nanti kami akan bekerjasama dengan operator untuk memberikan penguatan sinyal kepada nomor yang dibawa petugas bersangkutan,” imbuhnya.

Sementara itu, dia mengungkapkan tujuan penerapan sistem informasi ini adalah untuk memudahkan pihaknya dalam pemantauan keamanan pemilu. Boyolali dengan wilayah yang cukup luas, membutuhkan energi ekstra untuk pemantauan tersebut.

“Ini untuk memudahkan pemantauan di semua wilayah sehingga informasi bisa terkirim secara terpusat dan cepat sehingga mempercepat kami dalam mengambil tindakan,” ungkap dia.

Saat ini, program yang dikembangkan bekerja sama dengan pihak ketiga tersebut sudah dalam tahap penyempurnaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya