PILKADA 2018 : Polisi Melarang Peserta Kampanye Pilgub Jateng Arak-Arakan di Wonogiri

PILKADA 2018 : Polisi Melarang Peserta Kampanye Pilgub Jateng Arak-Arakan di Wonogiri

SOLOPOS.COM - Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Wonogiri, Kompol Jaka Wibawa. (Rud Hartono/JIBI/Solopos)

Pilkada 2018, polisi melarang peserta kampanye melakukan arak-arakan di jalan.

Solopos.com, WONOGIRI — Polres Wonogiri melarang peserta kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 melakukan arak-arakan di jalan, terlebih menggunakan knalpot sepeda motor yang menimbulkan suara bising. Polisi akan menindak tegas peserta kampanye yang melanggar aturan lalu lintas.

Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Wonogiri, Kompol Jaka Wibawa, kepada solopos.com, Kamis (22/2/2018), menyampaikan pihaknya sudah menyampaikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan peserta kampanye saat rapat koordinasi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Rabu (21/2/2018).

Pihaknya melarang peserta kampanye arak-arakan di jalan karena dapat mengganggu lalu lintas. Apabila ingin ke tempat kampanye terbuka atau rapat umum dan dialogis, peserta kampanye diminta berkendara secara tertib dengan tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

“Kalau melanggar ya akan kami tilang. Aturan lalu lintas tetap akan kami tegakkan. Oleh karena itu kalau berkendara untuk menghadiri kampanye di tempat tertentu atau pulang dari tempat tersebut misalnya, harus tertib,” kata Jaka mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Robertho Pardede.

Dia menegaskan pihaknya akan mengamankan kegiatan kampanye yang digelar di Kota Sukses selama masa kampanye 15 Februari hingga 23 Juni 2018 mendatang. Dia meminta masing-masing tim pemenangan pasangan calon (paslon) memberitahukan jadwal kampanye setidaknya sepekan sebelum acara digelar.

Hingga Kamis itu Jaka belum menerima pemberitahuan agenda kampanye baik dari tim pemenangan paslon nomor urut 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin (Ganjar-Yasin), maupun tim pemenangan paslon nomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziah (Dirman-Ida).

Sementara itu, Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir, menyampaikan sudah ada kesepakatan antara kedua tim pemenangan ihwal penentuan lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang dibuat KPU. Keduanya sepakat lima buah APK baliho berukuran 4 meter x 7 meter/paslon dipasang bersebelahan di Wuryantoro, Giriwoyo, Nguntoronadi, Ngadirojo, dan Purwantoro.

Sebanyak 20 buah umbul-umbul berukuran 1,15 meter x 5 meter/paslon/kecamatan dipasang bersebelahan di tepi jalan provinsi, jalan kabupaten, dan jalan desa/kelurahan. Pemasangan dua buah spanduk berukuran 1,5 meter x 7 meter/paslon/desa atau kelurahan disepakati sama dengan pemasangan umbul-umbul.

“Masing-masing tim pemenangan boleh membuat APK sendiri, tapi jumlahnya maksimal 150 persen tiap item,” terang dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Viral! David Beckham Ucapkan Selamat Idul Fitri dengan Bahasa Indonesia

David Beckham mengucapkan selamat Idul Fitri bagi seluruh warga Indonesia.

Pesan Berantai di WA Soal Ledakan Kasus Covid-19 Klaten, Polisi Tegaskan Itu Hoaks!

Pesan berantai itu menyebutkan kasus Covid-19 di Jateng meledak pekan ini. Kota Klaten menempati peringkat I, yakni mencapai 11.876 orang pasien Covid-19.

Berkerumun dan Tak Bermasker di Umbul Ponggok, Emak-Emak Disambangi Polisi

Sejumlah warga yang berkerumun dan tak bermasker di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten, mendapat peringatan dari Kepala Satuan Samapta Bhayangkara (Kasatsabhara) Polres Klaten, AKP Sri Anggono.

Lebaran 2021, Jumlah Kunjungan Wisata ke Tawangmangu Meroket

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar meroket di libur Lebaran 2021 Jumat (14/5/2021).

Lewat Pos Penyekatan Karanganyar, 15 Wisatawan Luar Jateng Diminta Putar Balik

Sebanyak 15 pemudik dari luar Jateng yang melintas di pos penyekatan di Karanganyar diminta putar balik.

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021).