PILKADA 2018 : Polisi Belum Terima Laporan soal Akun @Ganjar2periode

PILKADA 2018 : Polisi Belum Terima Laporan soal Akun @Ganjar2periode

SOLOPOS.COM - Calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) dan Sudirman Said (kanan) melakukan senam Maumere menjelang Deklarasi Kampanye Damai Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 di Kantor KPU Jateng, Kota Semarang, Jateng, Minggu (18/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 diwarnai klaim telah dilaporkannya pengguna akun Twitter @ganjar2periode kepada polisi.

Solopos.com, SEMARANG — Klaim tim sukarelawan media sosial calon gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (15/2/2018), bahwa mereka melaporkan pengguna akun Twitter @ganjar2periode yang mereka anggap menyebarkan unggahan yang terindikasi sebagai black campaign atau kampanye hitam ternyata hanya isapan jempol. Padahal, klaim itu telah luas terpublikasikan.

Kepolisian hingga Senin (19/2/2018) mengaku belum menerima laporan tentang keberadaan akun Twitter @ganjar2periode yang diduga mengunggah konten berisi fitnah terhadap calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said. "Belum ada pengaduan resmi yang masuk," ungkap Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng AKBP Haryo Sugiharto di Kota Semarang, Jateng, Senin.

[Baca juga Sukarelawan Ganjar Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam]

Meski belum ada laporan resmi, kepolisian menurut dia, tetap akan menindaklanjuti kebenaran konten yang diduga berisi black campaign atau kampanye hitam itu. Menurut dia, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah tetap akan melaksanakan patroli siber untuk mengantisipasi keberadaan akun-akun berisi kampanye hitam berkaitan dengan pilkada atau Pilgub hateng 2018.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jawa Tengah Fajar Subhi mengatakan persoalan akun @ganjar2periode tidak masuk ranah Gabungan Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Perkara itu, menurutnya bukan masuk pidana kampanye, melainkan masuk ranah pidana umum yang ditangani kepolisian. "Karena ini bukan akun resmi yang didaftarkan, maka tidak ditangani Gakkumdu," katanya.

[Baca juga Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam, Ganjar Pengin Pilgub Jateng Damai]

Sebelumnya, akun @ganjar2periode diketahui mengunggah konten yang berisi kampanye hitam. Namun Ganjar Pranowo dalam kesempatan terpisah membantah cuitan yang menjelek-jelekan Sudirman Said dari akun yang mengatasnamakan dirinya. Bahkan dia mengecam pembuat akun tersebut yang kemudian tak bisa diakses lagi.

Turut meramaikan pemberitaan media massa, Priyanto selaku Juru Bicara Sukarelawan Ganjar Pranowo di Kota Semarang, Kamis menyatakan kendati unggahan akun @ganjar2periode tersebut seolah-olah menyudutkan Sudirman Said, namun efek yang ditimbulkan justru merugikan Ganjar Pranowo. “Kami telah melaporkan akun palsu @ganjar2periode dan berkoordinasi dengan Satgas Antikampanye Polda Jateng terkait penanganannya,” kata dia kala itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.