SOLOPOS.COM - Calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) dan Sudirman Said (kanan) melakukan senam Maumere menjelang Deklarasi Kampanye Damai Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 di Kantor KPU Jateng, Kota Semarang, Jateng, Minggu (18/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 diwarnai klaim telah dilaporkannya pengguna akun Twitter @ganjar2periode kepada polisi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Klaim tim sukarelawan media sosial calon gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (15/2/2018), bahwa mereka melaporkan pengguna akun Twitter @ganjar2periode yang mereka anggap menyebarkan unggahan yang terindikasi sebagai black campaign atau kampanye hitam ternyata hanya isapan jempol. Padahal, klaim itu telah luas terpublikasikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepolisian hingga Senin (19/2/2018) mengaku belum menerima laporan tentang keberadaan akun Twitter @ganjar2periode yang diduga mengunggah konten berisi fitnah terhadap calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said. “Belum ada pengaduan resmi yang masuk,” ungkap Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng AKBP Haryo Sugiharto di Kota Semarang, Jateng, Senin.

[Baca juga Sukarelawan Ganjar Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam]

Meski belum ada laporan resmi, kepolisian menurut dia, tetap akan menindaklanjuti kebenaran konten yang diduga berisi black campaign atau kampanye hitam itu. Menurut dia, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah tetap akan melaksanakan patroli siber untuk mengantisipasi keberadaan akun-akun berisi kampanye hitam berkaitan dengan pilkada atau Pilgub hateng 2018.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jawa Tengah Fajar Subhi mengatakan persoalan akun @ganjar2periode tidak masuk ranah Gabungan Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Perkara itu, menurutnya bukan masuk pidana kampanye, melainkan masuk ranah pidana umum yang ditangani kepolisian. “Karena ini bukan akun resmi yang didaftarkan, maka tidak ditangani Gakkumdu,” katanya.

[Baca juga Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam, Ganjar Pengin Pilgub Jateng Damai]

Sebelumnya, akun @ganjar2periode diketahui mengunggah konten yang berisi kampanye hitam. Namun Ganjar Pranowo dalam kesempatan terpisah membantah cuitan yang menjelek-jelekan Sudirman Said dari akun yang mengatasnamakan dirinya. Bahkan dia mengecam pembuat akun tersebut yang kemudian tak bisa diakses lagi.

Turut meramaikan pemberitaan media massa, Priyanto selaku Juru Bicara Sukarelawan Ganjar Pranowo di Kota Semarang, Kamis menyatakan kendati unggahan akun @ganjar2periode tersebut seolah-olah menyudutkan Sudirman Said, namun efek yang ditimbulkan justru merugikan Ganjar Pranowo. “Kami telah melaporkan akun palsu @ganjar2periode dan berkoordinasi dengan Satgas Antikampanye Polda Jateng terkait penanganannya,” kata dia kala itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya