Tutup Iklan

PILKADA 2018 : Polisi Belum Terima Laporan soal Akun @Ganjar2periode

PILKADA 2018 : Polisi Belum Terima Laporan soal Akun @Ganjar2periode

SOLOPOS.COM - Calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) dan Sudirman Said (kanan) melakukan senam Maumere menjelang Deklarasi Kampanye Damai Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 di Kantor KPU Jateng, Kota Semarang, Jateng, Minggu (18/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 diwarnai klaim telah dilaporkannya pengguna akun Twitter @ganjar2periode kepada polisi.

Solopos.com, SEMARANG — Klaim tim sukarelawan media sosial calon gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (15/2/2018), bahwa mereka melaporkan pengguna akun Twitter @ganjar2periode yang mereka anggap menyebarkan unggahan yang terindikasi sebagai black campaign atau kampanye hitam ternyata hanya isapan jempol. Padahal, klaim itu telah luas terpublikasikan.

Kepolisian hingga Senin (19/2/2018) mengaku belum menerima laporan tentang keberadaan akun Twitter @ganjar2periode yang diduga mengunggah konten berisi fitnah terhadap calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said. "Belum ada pengaduan resmi yang masuk," ungkap Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng AKBP Haryo Sugiharto di Kota Semarang, Jateng, Senin.

[Baca juga Sukarelawan Ganjar Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam]

Meski belum ada laporan resmi, kepolisian menurut dia, tetap akan menindaklanjuti kebenaran konten yang diduga berisi black campaign atau kampanye hitam itu. Menurut dia, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah tetap akan melaksanakan patroli siber untuk mengantisipasi keberadaan akun-akun berisi kampanye hitam berkaitan dengan pilkada atau Pilgub hateng 2018.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jawa Tengah Fajar Subhi mengatakan persoalan akun @ganjar2periode tidak masuk ranah Gabungan Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Perkara itu, menurutnya bukan masuk pidana kampanye, melainkan masuk ranah pidana umum yang ditangani kepolisian. "Karena ini bukan akun resmi yang didaftarkan, maka tidak ditangani Gakkumdu," katanya.

[Baca juga Laporkan Akun Penyebar Kampanye Hitam, Ganjar Pengin Pilgub Jateng Damai]

Sebelumnya, akun @ganjar2periode diketahui mengunggah konten yang berisi kampanye hitam. Namun Ganjar Pranowo dalam kesempatan terpisah membantah cuitan yang menjelek-jelekan Sudirman Said dari akun yang mengatasnamakan dirinya. Bahkan dia mengecam pembuat akun tersebut yang kemudian tak bisa diakses lagi.

Turut meramaikan pemberitaan media massa, Priyanto selaku Juru Bicara Sukarelawan Ganjar Pranowo di Kota Semarang, Kamis menyatakan kendati unggahan akun @ganjar2periode tersebut seolah-olah menyudutkan Sudirman Said, namun efek yang ditimbulkan justru merugikan Ganjar Pranowo. “Kami telah melaporkan akun palsu @ganjar2periode dan berkoordinasi dengan Satgas Antikampanye Polda Jateng terkait penanganannya,” kata dia kala itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Mau Lebih Produktif di Rumah? Ini 5 Inspirasi Hobi yang Seru

ShopeePay kembali menghadirkan Super Online Deals dengan berbagai promo menarik yang bisa menemanimu menjalani hobi baru.

Prediksi Inggris Vs Skotlandia: Sejarah Derby Britania Berpihak ke Tiga Singa

Inggris dan Skotlandia telah bertemu 114 kali, di mana Inggris menang 48 kali dan Skotlandia 41 kali.

Perkuat Pendidikan Dini, UTP Solo Gandeng SEAMEO CECCEP

UTP Solo terus mendorong adanya transformasi pendidikan sedini mungkin salah satunya dengan menggandeng SEAMEO CECCEP.

Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkab Boyolali Perketat PPKM Mikro

Kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Boyolali melonjak dalam beberapa waktu terakhir. Pemkab Boyolali pun memperketat aturan PPKM berskala Mikro.

Positif Covid-19, Hanung Bramantyo Awalnya Tunjukkan Gejala Ini

Di unggahan Instagram, Zaskia juga mengungkap kronologis sampai Hanung dinyatakan positif Covid-19.

Pemkab Klaten Hibahkan Lahan untuk Polsek Ngawen, Kapan Ditempati?

Selain lahan seluas 700 m2 sebagai Polsek Ngawen, Pemkab Klaten juga menyerahkan tiga unit kendaraan operasional ke Polres Klaten.

Islam Aboge, Akulturasi Dakwah dengan Muatan Budaya Lokal

Islam Jawa atau yang dikenal dengan Islam Kejawen sejak lama telah dikenal sebagai akomodatif dengan muatan budaya lokal.

Kades dan Carik Tenggak Sragen Positif Covid-19, Balai Desa Tetap Buka

Kepala Desa atau Kades Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Setyanto, terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status tanpa gejala. Ia harus menjalani isolasi mandiri.

Vaksin Ampuh, 90% Nakes di Kudus yang Terpapar Covid-19 Sembuh

90% Tenaga kesehatan (nakes) di Kudus yang sempat terpapar Covid-19 akibat menangani pasien berangsur pulih, mereka sebelumnya sudah menjalani vaksinasi.

Stripe Baru Bikin Tampilan Honda New CB150 Verza Makin Segar

Honda New CB150 Verza dapat sentuhan terkini oleh PT Astra Honda Motor (AHM) berupa stripe baru untuk menonjolkan kesan gagah.

Jadwal Euro 2020 Malam Ini, Inggris Vs Skotlandia Main Pukul 02.00 WIB

Inggris dan Skotlandia acapkali disebut punya rivalitas tertua di dunia, keduanya melakoni duel pertama pada 30 November 1872.

Underpass Makamhaji Sukoharjo Rawan Kecelakaan, Banyak Pengemudi Tak Melihat Beton Pembatas Jalan

Kecelakaan lalu lintas kerap kali terjadi di area Underpass Makamhaji, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Terbaru, mobil menabrak beton pembatas jalan.