SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko. (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada serentak 2018 diakui Plt. Gubernur Jateng Heru Sujadmoko membuat banyak informasi tak jernih bertebaran di masyarakat.

Semarangpos.com, PEMALANG — Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Jawa Tengah, Heru Sujadmoko, mengakui banyak informasi tak jernih bertebaran di masyarakat selama masa pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018. Ia berharap pers mampu berperan menjernihkan beragam informasi itu di hadapan publik.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Tema yang diangkat pers dapat objektif terutama saat pilkada. Kami membutuhkan peran pers guna menjernihkan informasi yang bertebaran pada masyarakat,” katanya saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Persatuan Wartawan Indonesia di Pendapa Kabupaten Pemalang, Jateng, Jumat (9/3/2018) malam.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan pemerintahan harus bersama-sama dengan pers untuk membangun keterbukaan, baik dalam anggaran dan berpolitik. Apalagi, kata dia, di Jateng ada tujuh kabupaten dan kota yang menyelenggarakan pemilu. Tentunya, kata dia, bukan hanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pemerintahan yang bekerja keras menyukseskannya, melainkan juga media massa, yakni dengan memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Kami berharap pers bisa mengupas profile para calon yang mendaftarkan diri sebagai pemimpin daerah agar masyarakat bisa tahu rekam jejak para calon itu,” kata Heru Sujadmoko yang sebagaimana tercantum dalam syarat pencalonan pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin mengikuti Pilgub Jateng 2018 masuk sebagai anggota Tim Ahli dan Media Kampanye dalam Tim Pemenangan Ganjar-Yasin itu.

Menurut Heru Sujadmoko yang tak lagi dicalonkan partai politiknya mendampingi Ganjar Pranowo dalam pilkada serentak 2018 itu, pemerintahan belum tentu tahu informasi yang ada di daerah tetapi peran pers memang sangat dibutuhkan terhadap inforamsi yang belum diketahui oleh pemda.

Bupati Pemalang, Junaedi menyampaikan jajaran pemerintahan Kabupaten Pemalang mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara HUT-72 PWI Jateng. “Jajaran pemerintahan Kabupaten Pemalang dan masayarakat mengucapkan selamat datang di pendopo Kabupaten Pemalang. Kami sampaikan juga pada para awak media dipersilakan mengeksplor potensi yang ada di daerah itu,” katanya.

Ketua PWI Jateng, Amir Machmud mengatakan pada kegiatan HUT Ke-72 ini, PWI Jateng membawa tema “Pers Objektif Pilkada Partisipatif”. “Mari junjung tinggi netralitas. Bagi awak media harus akuntabel, disiplin agar masyarakat semakin percaya,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya