PILKADA 2018 : Pesan Ganjar lewat Puisi Bung Karno

PILKADA 2018 : Pesan Ganjar lewat Puisi Bung Karno

SOLOPOS.COM - • Gubernur Jateng nonaktif, Ganjar Pranowo, membawa pakaiannya saat meninggalkan rumah dinas gubernur Jateng, Puri Gedeh, untuk menjalani masa cuti Pilgub Jateng, Rabu (14/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 diwarnai cuti calon gubernur petahana, Ganjar Pranowo.

Solopos.com, SEMARANG - Diiringi suara petikan gitar akustik dan alunan harmonika, Ganjar Pranowo, berdiri di hadapan puluhan pendukungnya yang berkumpul di Rumah Dinas Gubernur Jateng Puri Gedeh, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/2/2018). Ia berdiri sambil membacakan sebuah puisi berjudul Berpedoman pada Cita-Cita.

Semua yang hadir tampak terdiam mendengar puisi yang dibacakan gubernur yang baru saja berstatus nonaktif karena menggambil masa cuti tersebut. Apalagi, puisi itu dibacakan Ganjar saat dirinya hendak meninggalkan Puri Gedeh untuk menjalankan cuti karena akan melakukan kampanye dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada) atau tepatnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2018.

“Puisi ini tentu bukan karya saya, ditulis Ir. Soekarno saat pidato pembukaan Konferensi Asia Afrika [KAA] pada 18 April 1955,” terang Ganjar sebelum membacakan puisi tersebut.

Ganjar sengaja membacakan puisi itu karena politikus PDI Perjuangan itu menilai puisi tersebut mengandung banyak pesan dan juga menjadi ungkapan sikap politiknya saat menghadapi persaingan pilkada atau Pilgub Jateng 2018. "Ada pesan khusus yang tersirat dalam puisi itu. Bahwa kita jangan pernah takut dengan hantu blau. Itu jadi pesan yang menggelegar buat mereka-mereka yang menjalankan politik, bahwa jadi orang itu harus punya ugeman [pedoman]. Berpedomanlah pada cita-cita,” terang Ganjar.

Selain membacakan puisi, pada acara pindahan rumah itu Ganjar juga memberikan beberapa pesan kepada para pejabat maupun aparatur sipil negara (ASN) Pemprov Jateng yang hadir. Salah satu pesannya, tak lain adalah agar para pegawai Pemprov Jateng melayani masyarakat sebaik mungkin.

“Selama empat bulan saya cuti, tolong layani masyarakat dengan sumeh [ramah]. Tolong awasi [pemprov] agar birokrasi berjalan baik dan tolong awasi kami [pemprov] agar tidak korupsi,” ujar Ganjar.

Beberapa pejabat Pemprov Jateng tampak hadir dalam acara pindahan Ganjar dari Puri Gedeh itu. Mereka di antaranya Sekda Jateng, Sri Puryono; Kalakhar BPBD Jateng, Sarwa Pramana, dan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah Setda Jateng yang baru saja ditunjuk menjadi penjabat bupati Magelang.

•Gubernur Jateng nonaktif, Ganjar Pranowo, membawa pakaiannya saat meninggalkan rumah dinas gubernur Jateng, Puri Gedeh, untuk menjalani masa cuti Pilgub Jateng, Rabu (14/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
• Gubernur Jateng nonaktif, Ganjar Pranowo, membawa pakaiannya saat meninggalkan rumah dinas gubernur Jateng, Puri Gedeh, untuk menjalani masa cuti Pilgub Jateng, Rabu (14/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Ganjar menambahkan selama meninggalkan Puri Gedeh, ia akan tinggal di Jl. Tengger, Kota Semarang. Selama cuti kampanye pilkada 2018, ia juga akan giat melakukan blusukan ke tengah-tengah masyarakat sebagai salah satu bentuk kampanyenya di Pilgub Jateng.

“Kampanye kan enggak seperti dulu yang menghambur-hamburkan banyak uang. Saya akan lebih banyak turun ke tengah masyarakat untuk mendengarkan aspirasi mereka,” ujar Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Juara Liga Italia, Inter Milan Malah Diterpa Krisis Keuangan

Wakil Presiden Inter, Javier Zanetti, mengakui ada masalah keuangan di klub. Dia juga mengatakan tak menutup kemungkinan jika Suning Grup selaku pemilik bisa melego klub.