PILKADA 2018 : Paslon Pilgub Jateng Dikawal Aparat Terlatih

PILKADA 2018 : Paslon Pilgub Jateng Dikawal Aparat Terlatih

SOLOPOS.COM - Para awak media di Semarang bersama aparat Polda Jateng saat Deklarasi Pilkada Damai di Semarang, Selasa (13/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Humas Polda Jateng)

Pilkada 2018 disongsong Polda Jateng dengan menerjunkan personel terlatihnya untuk mengawal paslon di Pilgub Jateng.

Solopos.com, SEMARANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) menugaskan puluhan anggotanya memiliki kemampuan khusus untuk mengawal seluruh calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng dalam rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018.

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Condro Kirono, mengatakan jumlah personel Polri yang ditugaskan menjadi pengawal pribadi paslon Pilgub Jateng adalah 10 orang. Ke-10 orang itu akan dibagi dalam dua kelompok untuk menjadi pengawal pribadi paslon yang bersaing di Pilgub Jateng, yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

“Masing-masing personel itu dibekali kemampuan khusus. Di setiap tim akan ada satu perwira yang bertugas sebagai koordinator. Mereka akan bertugas selama 1 x 24 jam dalam mengawal paslon,” ujar Condro Kirono seusai Deklarasi Pilkada Damai bersama wartawan di Kota Semarang, Jateng, Selasa (13/2/2018).

Condro menambahkan para anggota kepolisian yang ditugaskan menjadi pengawal pribadi paslon itu dipilih berdasar kemampuannya. Masing-masing dari mereka memiliki kemampuan beladiri, keahlian mengendarai segala jenis kendaraann bermotor, dan kemampuan menembak reaktif.

Penyerahan pengawal pribadi tersebut, lanjut Kapolda Condro Kirono, akan dilakukan seusai pengambilan nomor urut paslon oleh KPU Jateng, Selasa malam. “Mereka akan langsung betugas mengawal ke mana saja calon menggelar kegiatan, khususnya saat kampanye,” imbuh Kapolda.

Sementara itu, dalam kegiatan Deklarasi Pilkada Damai itu Condro meminta media saling menjaga harmoni bersama demi terwujudnya Pilkada Jateng yang aman, damai, dan berkualitas. "Harapan kami kepada media, berita-berita yang dimuat adalah berita yang menyejukkan, saling menjaga harmonin bersama," tutur Condro.

Sementara pengamat komunikasi dari Undip Semarang, Triono Lukmantoro, menyebut peran media massa sangatlah strategis untuk menciptkan suasana pilkada yang kondusif. Menurutnya, dalam pemberitaan, media massa tidak boleh menyindir atau menjatuhkan salah satu paslon.

"Kampanye itu mengajak atau persuasi, jadi berita konflik itu biasa. Namun titik mana yang menunjukkan konflik, mana yang menunjukkan perbedaan harus jelas,” ujar Triono.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.