PILKADA 2018 : KPU Resmi Tetapkan Peserta Pilgub Jateng, Ganjar-Yasin Bentuk Tim Kampanye

PILKADA 2018 : KPU Resmi Tetapkan Peserta Pilgub Jateng, Ganjar-Yasin Bentuk Tim Kampanye

SOLOPOS.COM - Ketua DPD PDIP Jateng 2015-2020, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. (Insetyonoto/JIBI/Semarangpos.com)

Pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 dipatikan parpol-parpol pengusung Ganjar-Yasin dengan soliditas.

Solopos.com, SEMARANG —  KPU telah menetapkan pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin serta Sudirman Said dan Ida Fauziyah sebagai peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng dalam rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018. Partai-partai politik pengusung pasangan calon gubernur Ganjar Pranowo dan calon wakil gubernur Taj Yasin pun menjalin soliditas dengan membentuk tim kampanye.

[Baca juga Pilgub Jateng Dipastikan KPU Diikuti 2 Pasang Peserta]

Upaya parpol-parpol memenangkan pasangan gubernur incumbent atau petahana dan politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut itu diungkapkan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto di Kota Semarang, Jateng, Senin (12/2/2018). "Kami telah melakukan konsolidasi dan masing-masing parpol pengusung siap menggerakkan mesin politiknya," katanya.

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini menurut Kantor Berita Antara menyatakan bahwa partainya bersama Partai Persatuan Pembangunan, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Demokrat, beserta Partai Golkar sudah membentuk tim kampanye. Kelima partai politik itu juga bersepakat membuat posko pemenangan.

Rapat koordinasi parpol pengusung dan pendukung pasangan calon gubernur Ganjar-Yasin itu, menurutnya dilaksnakan di Kantor DPD PDIP Jateng, Minggu (11/2/2018), dengan dihadiri Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto serta politikus PPP Arwani Thomafi. Disepakati dalam kesempatan itu, ketua Tim Kampanye Ganjar-Yasin dijabat oleh Bambang Haryanto Baharudin yang juga wakil ketua DPD PDIP Jateng, sekretaris dijabat Abdul Syukur (PPP), dan Bendahara Agustina Wilujeng (PDIP). Sedangkan ketua parpol masing-masing menjabat sebagai dewan pengarah.

Berdasarkan penelusuran Semarangpos.com, di laman resmi KPU Jateng, jateng.kpu.go.id, tim kampanye itu berbeda dengan tim pemenangan yang disertakan pasangan Ganjar-Yasin sebagai syarat pendaftaran mereka sebagai peserta pilkada atau Pilgub Jateng 2018. Tim pemenangan juga multiparpol, namun diketuai Bambang Wuryanto dengan sekretaris Bambang Kusriyanto, dan bendahara Agustina Wilujeng. Nama Wagub Jateng Heru Sudjatmoko juga tercantum dalam tim pemenangan tersebut sebagai tim ahli dan media kampanye. Bambang Haryanto B. tercantum membidangi debat calon, sedangkan Abdul Syukur adalah sekretaris I dalam tim pemenangan Ganjar-Yasin. Nama lain yang cukup dikenal publik, seperti bos PSIS Semarang A.S. Sukawijaya ditempatkan sebagai sekretaris III.

Bambang Pacul mengaku belum menyiapkan strategi kampanye secara khusus karena masih melihat pergerakan lawan politik. "Kampanye kan tidak bisa gerak di ruang kosong, gerakan lawan akan berpengaruh ke gerakan kita, begitu juga sebaliknya. Yang terpenting kami sudah konsolidasi masing-masing pasukan," ujarnya.

Ketua DPW PPP Jateng Masruhan Samsurie mengatakan, dalam rapat tersebut disepakati pihaknya akan memakai kampanye yang menyenangkan masyarakat. "Kami sepakat menghindari hal-hal yang sifatnya 'black campaign' karena bisa jadi bumerang dan merugikan partai," kata pria yang juga menduduki kursi Ketua Komisi A DPRD Jateng tersebut.

PPP, kata dia, akan menggerakkan struktur partai hingga tingkat dusun dengan target mengamankan 1,4 juta suara hasil Pileg 2014. "Selain itu, ada jalur santri yang punya hubungan baik dengan pondok pesantren dan mereka sudah bergerak aktif, berkunjung ke pesantren, dan kiai," ujarnya.

PPP juga akan melakukan pendekatan ke kalangan nahdiyin sebab dari hasil kajian, ada minat yang tinggi dari warga Nahdlatul Ulama terhadap figur cawagub Taj Yasin yang mewakili pesantren. "Jumlah nahdiyin di Jateng sebanyak tujuh hingga delapan juta warga, tentu ini potensial,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.