SOLOPOS.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) Joko Purnomo. (kpu-jatengprov.go.id)

Pilkada serentak 2018 diwarnai dengan Gerakan Cek Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang digagas KPU Jateng.

Semarangpos.com SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menyiapkan Gerakan Cek Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk mewarnai pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018. Gerakan Cek DPS itu dijadwalkan berlangsung Jumat (27/3/2018).

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Gagasan menggelar Gerakan Cek DPS itu muncul agar pelaksanaan pilkada, pemilihan umum legsilatif, dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 dapat berjalan baik. “Gerakan Cek DPS akan dipimpin petugas panitia pemungutan suara dengan menggandeng ketua RT di seluruh Jateng,” kata Ketua KPU Jateng Joko Purnomo di Kota Semarang, Jumat (9/3/2018).

Terkait Gerakan Cek DPS, katanya, setiap kepala keluarga boleh diwakilkan salah seorang anggota keluarganya untuk mengecek serta memastikan daftar pemilih. “Kalau ada pemilih yang belum terdaftar, nanti kita masukkan, kalau ada data yang salah, nanti dibenarkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan Gerakan Cek DPS untuk memastikan bahwa daftar pemilih yang disusun KPU benar dan sesuai dengan realita di lapangan. Selain itu, KPU Jateng ingin menggugah kesadaran bersama seluruh masyarakat terkait dengan pentingnya daftar pemilih.

“Dengan demikian KPU bisa memberikan pelayanan penuh kepada masyarakat untuk memenuhi hak pilihnya,” katanya.

Sebagai persiapan Gerakan Cek DPS, KPU Jateng akan melakukan rekapitulasi di tingkat provinsi mengenai berapa jumlah pemilih. “Ini untuk membangun kesadaran sekaligus tanggung jawab bersama terhadap data DPS, jangan sampai masyarakat tidak memikirkan hak politiknya,” ujar Joko.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya