SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono dan Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen Wuryanto menari bersama seusai simulasi pengamanan pilkada di Lapangan Parade Makodam IV/ Diponegoro, Semarang, Jumat (9/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/I.C.Senjaya)

Pilkada serentak 2018 diakui Kapolda Jateng Condro Kirono belum diwarnai kampanye hitam.

Semarangpos.com, SEMARANG — Jajaran Polri dan TNI di Jawa Tengah, Jumat (9/2/2018), menggelar simulasi pengamanan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018. Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono dalam kesempatan itu mengungkapkan meskipun sudah bermunculannya kampanye negatif pada tahapan awal pemilu lokal ini, namun itu semua tak tergolong kampanye hitam.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Simulasi pengamanan pilkada yang dilaksanakan secara gabungan oleh jajaran TNI dan Polri itu digelar di Lapangan Parade, Makodam IV/ Diponegoro, kawasan Watu Gong, Kota Semarang. Dalam simulasi itu digambarkan pengamanan pada seluruh tahapan pilkada serentak 2018, mulai dari pendaftaran hingga penghitungan suara.

Kapolda Condro Kirono berharap dengan simulasi tersebut TNI dan Polri siap menjaga agar pilkada serentak 2018 berjalan aman dan kondusif. Diakuinya, saat ini, sudah mulai bermunculan kampanye negatif di antara pelaku pemilu lokal itu.Namun, tegasnya, hal itu tidak termasuk black campaign atau kampanye hitam.

“Kampanye negatif sudah ada, kampanye yang melihat kekurangan pasangan calon lain,” katanya tanpa menjelaskan secara mendetail temuan kampanye negatif tersebut.

Meski demikian, imbuhnya, belum ditemukan unsur pelanggaran atas konten-konten negatif tersebut. Walaupun tak tergolong black campaign atau kampanye hitam, polisi diakuinya sudah bertindak dengan cara memberikan imbauan kepada pihak yang menyampaikan kampanye negatif tersebut.

Ditegaskannya pula, saat ini Satuan Tugas Kampanye Hitam dan Politik Uang telah mulai bekerja. Meski demikian, hingga saat ini belum ditemukan kampanye yang dikategorikan sebagai black campaign alias kampanye hitam.

Pilkada serentak 2018 di Jateng digelar di tujuh daerah yang meliputi Kota Tegal, Kabupaten Tegal,Kabupaten Kudus, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Karanganyar. Sedangkan di tingkat provinsi digelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya