PILKADA 2018 : Jadi Tim Pemenangan Ganjar-Yasin, Wagub Tak Perlu Cuti

PILKADA 2018 : Jadi Tim Pemenangan Ganjar-Yasin, Wagub Tak Perlu Cuti

SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko seusai deklarasi Sukarelawan Jateng Gayeng di Kota Semarang, Minggu. (JIBI/Solopos/Antara/ I.C.Senjaya)

Pilkada 2018, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin mendapat dukungan Wagub Jateng, Heru Sudjatmoko, sebagai tim pemenangan.

Solopos.com, SEMARANG – Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko secara administratif resmi didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai tim ahli dan media kampanye dalam tim pemenangan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin. Meski demikian, KPU Jateng tidak meminta Heru Sudjatmoko cuti selama masa kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng dalam rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018 yang dijadwalkan 15 Februari-23 Juli 2018.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, saat dihubungi Semarangpos.com, Selasa (13/2/2018), menyatakan Heru Sudjatmoko tetap bisa bertugas sebagai wagub sekaligus pelaksana tugas (plt) gubernur Jateng selama gubernur incumbent atau petahana Ganjar Pranowo cuti karena mencalonkan diri kembali dalam pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018. Heru hanya akan diwajibkan cuti saat bertugas sebagai juru kampanye pasangan Ganjar-Yasin.

“Kalau saat masa kampanye Pak Heru tetap bisa bertugas seperti biasa. Tapi saat menggelar kampanye, dia [Heru Sudjatmoko] harus cuti. Dia juga dilarang menggunakan fasilitas negara untuk kampanye,” kata Joko.

Joko menambahkan Heru wajib mengajukan cuti sehari sebelum menggelar kampanye secara terbuka melalui pertemuan-pertemuan dengan para kader atau masyarakat. Meski demikian, ia dilarang melakukan kampanye saat bertugas sebagai plt. gubernur baik di kantor instansi pemerintahan, ruang publik, maupun tempat ibadah.

“Jadi kalau mau bertugas sebagai duta atau juru kampanye, sehari sebelumnya Pak Heru harus mengajukan cuti. Selain itu, dia bisa bertugas seperti biasanya,” imbuh ketua KPU Jateng itu.

Joko mengatakan Heru akan mulai menjalankan tugas sebagai Plt. gubernur Jateng mulai Rabu (15/2/2018). Hal itu dikarenakan pada hari itu, Ganjar mulai mengambil cuti sebagai gubernur karena mencalonkan diri dalam pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah (Jateng), M. Fajar S.A.K.A, meminta para pejabat publik yang menjadi tim kampanye paslon untuk tidak memanfaatkan jabatan mereka. Hal itu disampaikan Fajar menyusul banyaknya pejabat publik yang masuk dalam struktur organisasi tim pemenangan paslon.

“Silakan menjadi duta [jurkam] tapi ingat, tidak boleh menggunakan fasilitas negara. Apalagi melakukan kampanye di instansi pemerintah. Kalau ada yang melanggar kami siap memproses secara hukum,” janji Fajar saat dihubungi Semarangpos.com.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

2.035 Kendaraan Berpelat Luar Daerah Diperiksa di Perbatasan Prambanan

Tim gabungan telah memeriksa 2.035 kendaraan dari berbagai jenis menjelang Lebaran 2021.

Motor Sport Kecelakaan di Jl. Slamet Riyadi Solo, 1 ABG Luka Parah

Kecelakaan lalu lintas melibatkan 2 sepeda motor dan 1 mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi di timur Simpang Ngarsopuro, pada Selasa (11/5/2021) malam.

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.