PILKADA 2018 : Inilah Nomor Urut Peserta Pilbup Kudus...

PILKADA 2018 : Inilah Nomor Urut Peserta Pilbup Kudus...

SOLOPOS.COM - Ketua KPU Kabupaten Kudus Moh. Khanafi menyerahkan surat keputusan KPU Kudus terkait penetapan bakal pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kudus 2018 sebagai calon bupati dan wakil bupati Kudus 2018 kepada bakal calon Bupati Kudus Muhammad Tamzil di Hotel Kenari Asri Kudus, Jateng, Senin (12/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Pilkada atau tepatnya Pilbup Kudus 2018 telah ditentukan nomor urut pesertanya oleh KPU setempat.

Solopos.com, KUDUS — Lima peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kudus sebagai rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018 telah ditentukan nomor urut mereka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setepat. Penentuan nomor urut pasangan calon bupati dan calon wakil bupati itu dilaksanakan di Hotel Griptha, Kudus, Jateng, Selasa (13/2/2018).

Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut Pasangan Calon dilaksanakan KPU Kudus di aula Hotel Griptha. Kantor Berita Antara melaporkan kegiatan itu tampak dihadiri pengurus partai politik pengusung pasangan calon, tokoh agama, forum komunikasi pimpinan daerah, sejumlah petinggi pemkab, panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan simpatisan masing-masing pasangan calon.

Pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang mendapatkan nomor urut 1 dalam pengundian itu adalah Masan dan Noor Yasin yang diusung PDI Perjuangan, PAN, Partai Demokrat, dan Partai Golkar. Sedangkan nomor urut 2 diperoleh pasangan Nor Hartoyo dan Junaidi dari jalur perseorangan. Nomor urut 3 diperoleh pasangan Sri Hartini dan Setia Budi Wibowo yang diusung Partai Gerindra, PKS, dan PBB. Pasangan Akhwan dan Hadi Sucipto dari jalur perseorangan mendapatkan nomor urut 4, sedangkan pasangan Muhammad Tamzil dan Hartopo yang diusung PKB, PPP, dan Partai Hanura mendapatkan nomor urut 5.

Pengundian nomor urut berlangsung lancar dan aman. Pengundian nomor urut dimulai beberapa tahap, yakni tahap pertama pengundian untuk mendapatkan urutan nomor untuk mengambil bungkusan yang berisi nomor urut.

Setelah pengundian nomor urut, masing-masing pasangan calon dapat menggelar sosialisasi kepada masyarakat luas. Calon bupati Kudus Muhammad Tamzil yang didampingi wakilnya, Hartopo, di Kudus, Selasa, mengaku senang mendapatkan nomor urut 5. "Hal itu, sesuai dengan keinginan awal kami berdua yang memang menginginkan mendapatkan nomor urut 5," ujarnya.

Berdasarkan cerita dari pasangannya, kata dia, nomor urut 5 dianggap memiliki makna tersendiri dalam hal mencapai hasil. Kalaupun nomor 5 gagal diraih, dia berkeinginan bisa mendapatkan nomor urut 4. Namun, hasilnya sesuai dengan keinginan awal.

Ia berharap timnya bisa bekerja maksimal sehingga bisa mendapatkan suara dukungan terbanyak dari masyarakat Kudus untuk bisa ditetapkan sebagai pemenang pilkada atau Pilbup Kudus 2018. Berbeda lagi dengan calon bupati Kudus Masan yang menganggap nomor 1 memiliki makna sebagai juaranya, hanya hanya ada satu.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Kudus Moh. Khanafi mengungkapkan masing-masing pasangan calon harus melaporkan dana kampanye pada tanggal 14 Februari 2018. Pada tanggal 15 Februari 2018, lanjut dia, merupakan awal kampanye untuk masing-masing pasangan calon.

"Hari berikutnya, pasangan calon yang masih berstatus PNS atau anggota DPRD harus sudah mengajukan pengunduran diri karena batasannya lima hari setelah tanggal penetapan," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor Sport Kecelakaan di Jl. Slamet Riyadi Solo, 1 ABG Luka Parah

Kecelakaan lalu lintas melibatkan 2 sepeda motor dan 1 mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi di timur Simpang Ngarsopuro, pada Selasa (11/5/2021) malam.

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.