Pilkada 2018: Ini Riwayat Hidup dan Sepak Terjang Ganjar Pranowo

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SOLO – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) petahana, Ganjar Pranowo, diketahui kembali maju sebagai calon gubernur (cagub) didampingi calon wakil gubernur (cawagub) Taj Yasin di Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng dalam rangkaian pilkada serentak 2018. Sebelum berhasil menjabat sebagai gubernur Jateng untuk periode pertama 2013 lalu, Ganjar Pranowo nyatanya sudah berkiprah di dunia politik sebagai anggota lembaga legislatif sejak 2004 silam.

Pria berambut putih itu bergabung dengan PDI Perjuangan sebagai deputi I badan pendidikan dan pelatihan pusat pada 2002 silam. Ia menduduki jabatan tersebut sampai 2005. Pada 2003 hingga 2005, Ganjar Pranowo menjadi anggita bidang peggalangan panitia panitia pemenangan pemilu di parta yang sama.

Ganjar Pranowo menjadi anggota legislatif sebagai anggota Komisi IV DPR untuk periode 2004 hingga 2009. Ia kembali berkecimpung di dunia legislatif untuk periode 2004-2014 sebagai waklil ketua Komisi II DPR RI sebelum akhirnya mengundurkan diri pada 2013.

Baru pada 2013, Ganjar Pranowo berhasil menjabat sebagai gubernur Jateng didampingi wakil gubenur Heru Sudjatmoko. Pada 2013, pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko mengalahkan dua pasangan lain, yakni Hadi Prabowo-Don Murdono dan Bibit Waluyo-Sujiono.

Pria yang kini dikenal luas selalu tampil dengan rambut putihnya itu merupakan putra kelahiran Karanganyar, Jateng, 28 Oktober 1986. Berdasarkan data yang dibeberkan di laman resmi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ganjar Pranowo merupakan putra dari Pamoedji Mangkoediwirjo.

Meski lahir di Karanganyar, masa kecil hingga masa remaja Ganjar Pranowo dihabiskan di Purworejo dan Jogja. Tercatat ia menempuh pendidikan di SDN 1 Kutoarjo Purworejo dari 1975 hingga 1981, SMPN 1 Kutoarjo Purworejo dari 1981 sampai 1984, dan SMA Bopkri Jogja sejak 1984 sampai 1987.

Setelah lulus dari SMA Bopkri Jogja pada 1987, Ganjar melanjutkan pendidikannya untuk jenjang S-1 di Universitas Gajah Mada (UGM). Ia tercatat lulus dari UGM pada 1995. Pendidikan Ganjar Pranowo tak berhenti pada jenjang S-1. Pria yang kini aktif di media sosial itu menempuh pendidikan ilmu politik untuk jenjang S-2 di Universitas Indonesia (UI) pada 2013.

Kehidupan pribadi Ganjar Pranowo pun bisa dibilang cukup menarik. Bersama istrinya, Siti Atikoh Supriyati, Ganjar kerap memamerkan kemesraan di depan khalayak. Bahkan Ganjar pernah mencium istrinya itu kala tampil di acara yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi nasional.

Bersama Siti Atikoh, Ganjar Pranowo memiliki satu buah hati yang memiliki nama mirip bintang sepak bola. Putra semata wayang pasangan Ganjar Pranowo-Siti Atikoh itu bernama M. Zinedine Alam Ganjar. Zinedine merupakan nama depan dari salah satu bintang sepak bola, yakni Zinedine Zidane.

Sudah menjabat selama lima tahun sebagai gubernur Jateng, Ganjar Pranowo kembali maju sebagau cagub di pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018. Di pilkada serentak 2018 kali ini, Ganjar Pranowo tak lagi berpasangan dengan Heru Sudjatmoko, melainkan dengan politikus PPP asal Rembang, Taj Yasin. Mereka harus bersaing dengan pasangan calon gubernur Sudirman Said dan calon wakil gubernur Ida Fauziyah sebagai penantang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Hampir Sebulan Banjir Rendam Jalan Trans Kalimantan, Kendaraan Antre Melintas

Banjir merendam jalan nasional sepanjang 2,5 kilometer sejak Senin (30/8/2021)

Resmi! Eks Mensos Juliari Batubara Jadi Penghuni LP Tangerang.

Bila harta Juliari tidak mencukupi, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Persis Solo Siapkan 3 Desain Jersey Penuh Filosofi

Bryan Barcelona mengatakan setiap desain jersey memiliki filosofi tersendiri yang berkaitan dengan sejarah Persis maupun identitas tim sebagai klub dari Solo.

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).

Ini Dia Galaxy M22, HP Baru Samsung Harga Rp2 Jutaan

Samsung Galaxy M22 resmi hadir di Indonesia dan bakal dijual secara flash sale akhir bulan nanti.

Bersepeda, Wali Kota Madiun Semangati Warga dan Salurkan Bantuan

Kegiatan bersepeda itu selain menjadi sarana untuk menyemangati masyarakat juga untuk memastikan warga patuh protokol kesehatan.

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.

Waduh! Squid Game Dianggap Jiplakan As the Gods Will, Bagaimana Faktanya?

Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh jiplakan film Jepang, As the Gods Will.

Resmi Diperkenalkan di Jateng-DIY, All New Honda BR-V Siap Mejeng di Solo dan Jogja

All New Honda BR-V dengan 5 varian dan pilihan warna ini dibanderol dengan harga on the road (OTR) di Jateng-DIY mulai Rp260 juta.

Gapoktan Jateng Berkomitmen Kuatkan Lumbung Pangan Masyarakat

Menjaga ketersediaan dan akses pangan perlu dilakukan dengan penguatan cadangan pangan melalui kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM).

Wuzz! Puting Beliung Sapu Kerjo Karanganyar, Atap 3 Rumah Warga Beterbangan

Atap tiga rumah warga Desa Tawangsari, Kerjo, Karanganyar, beterbangan disapu puting beliung yang melanda wilayah itu, Kamis (23/9/2021).

Berstatus Ayah-Anak, Gibran Ternyata Juga Mesti Buat Janji Dulu untuk Ketemu Presiden Jokowi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ternyata mesti membuat janji dulu jika ingin bertemu ayahnya, Presiden Jokowi.

Dari Teman, Kini SBY dan Yusril Saling Berhadapan

Yusril berpendapat jangan ada partai yang dibentuk dan dikelola 'suka-suka' oleh para pendiri atau tokoh-tokoh penting yang dilegitimasi oleh AD/ART.