SOLOPOS.COM - Logo Kampung Gusdurian. (gusdurian.net)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 diwarnai klaim dukungan kelompok Gusdurian kepada salah satu paslon, Ganjar-Yasin.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kelompok penerus perjuangan dan pemikiran Gus Dur, Jaringan Gusdurian, menegaskan kembali sikap netralnya dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) atau tepatnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pernyataan ini disampaikan Gusdurian menyusul klaim dari beberapa orang yang menyatakan dukungan kepada pasangan calon (paslon), Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

“Terkait berita yang mencantumkan Jaringan Gusdurian mendukung salah satu calon itu tidak benar. Perlu diketahui, bahwa Jaringan Gusdurian adalah wadah para Gusdurian, penerus perjuangan Gus Dur yang bergerak di ranah kultural dan nonpolitik praktis dengan berlandaskan sembilan nilai utama Gus Dur,” tulis Presidium Gus Durian Jateng, Chumaedy Yusuf, dalam keterangan resmi kepada Semarangpos.com, Selasa (20/2/2018).

Chumaedy menambahkan Gusdurian Jateng tetap setia pada ranah kultural dan nonpolitik praktis. Dengan demikian, Gusdurian Jateng tidak terlibat dukung mendukung kandidat manapun pada pilkada atau Pilgub Jateng 2018.

“Kami mendukung penyelenggaraan pilkada yang tertib, aman, dan harmonis, demi terpilihnya pemimpin yang amanah. Kami juga meminta semua pihak yang mencatut Jaringan Gusdurian dalam aktivitas politik praktis untuk mengklarifikasi dan tidak lagi menggunakan nama tersebut dan simbol-simbolnya dalam kegiatan politik praktis,” imbuh Chumaedy.

Sementara itu, Seknas Gusdurian, Autad An Nasheer, menyebutkan kelompok Barisan Kader (Barikade) Gus Dur yang telah menyatakan dukungan kepada paslon Ganjar-Yasin bukanlah bagian dari Jaringan Gusdurian. Begitu juga dengan kordinator kelompok tersebut, Husein Syifa.

“Husein Syifa bukanlah pengiat Jaringan Gusdurian. Dia membuat kelompok sendiri yang bernama Barisan Kader Gusdur,” tegas Autad An Nasheer.

Husein Syifa dalam kunjungannya ke kediaman ulama sekaligus politikus PPP, K.H. Maimoen Zubair, di Rembang, Selasa (20/2/2018), menyatakan para anggota Jaringan Gusdurian yang mendukung pasangan Ganjar-Yasin pada pilkada atau Pilgub Jateng membentuk organisasi bernama Barikade Gus Dur.

“Kalau Gusdurian kan kultural, anggotanya ada di mana-mana bahkan di semua partai ada. Tapi, Barikade Gus Dur mewadahi anggota yang belum berpartai namun ingin mendukung Ganjar-Yasin,” ujar Husein dalam siaran pers dari tim media Ganjar Pranowo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya