Pilkada 2018: Ganjar Laporkan Ketua FUIB

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG – Tim kuasa hukum pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur pada pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018, Ganjar Pranowo-Taj Yasin, melaporkan Ketua Forum Umat Islam Bersatu (FUIB), Rahmat Hirman, ke polisi.

Laporan dilayangkan tim kuasa hukum Ganjar-Yasin ke Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng, Kota Smearang, Senin (9/3/2018) siang.

Salah satu kuasa hukum Ganjar-Yasin, Heri Joko Setyo, menyebutkan Rahmat Himran dilaporkan karena menyebar undangan peliputan dan memviralkan di media sosial terkait rencana melaporkan Ganjar ke Bareskrim Mabes Polri pada Selasa (10/4/2018).

“Dia pada intinya ingin melaporkan Ganjar Pranowo ke Bareskrim terkait pembacaan puisi milik Gus Mus [Mustofa Bisri] saat acara talk show di Kompas TV,” ujar Heri saat ditemui wartawan di kantor Ditreskrimsus Polda Jateng, Senin.

Heri menjelaskan Rahmat Himran berniat melaporkan Ganjar karena membacakan puisi ciptaan Gus Mus yang dianggap mengandung SARA dan penistaan agama.

Ia menilai laporan Rahmat Himran itu tidak logis karena Ganjar hanya membacakan puisi itu. Sementara, puisi itu merupakan karya salah satu ulama terpandang, Mustofa Bisri, yang diciptakan pada 1987.

“Terkait puisi itu mengandung unsur SARA itu hanyalah persepsi pribadi pelapor [Rahmat Hilman]. Yang bisa menjelaskan makna di balik puisi itu ya penciptanya sendiri. Bukan siapa pun termasuk pelapor,” imbuh Heri.

Heri menambahkan dalam UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta telah dituliskan makna tersirat dan tersurat dalam sebuah puisi hanya pencipta puisi yang bisa memahami. Terlebih, sebelum membacakan puisi Ganjar juga telah mengatakan bahwa puisi berjudul ‘Kau Ini Bagaimana Atau Aku Harus Bagaimana’ itu merupakan karya Kiai Mustofa Bisri.

Heri menyebutkan perbuatan Ketua FUIB itu dapat dikategorikan melanggar Pasal 28 ayat 2 UU No. 11/2008 juncto UU RI No. 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Pernyataan Himran yang ia sebar melalui pesan berantai, menurut Heri merupakan suatu berita atau informasi yang bohong dan mengandung ujaran kebencian hingga berpotensi menimbulkan permusuhan.

“Ajakan ini berpotensi merusak iklim pilkada atau Pilgub Jateng yang aman dan damai. Kami melapor agar ada tindakan dari kepolisian,” ujar Heri.

Selain melaporkan Hilman, dalam kesempatan itu kuasa hukum Ganjar-Yasin juga melaporkan adanya fitnah terhadap Ganjar di media sosial Youtube.

“Orang dalam video Youtube itu memaki-maki dan mengeluarkan kata-kata kotor kepada Ganjar. Dia mengaku orang Penjaringan, Jakarta,” terang Heri. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Dispar Sleman: Hoax 35 Objek Wisata di DIY Sudah Buka

Beredar kabar di media sosial terkait 35 destinasi wisata di wilayah DIY dan sekitarnya yang sudah beroperasi, Dinas Pariwisata Sleman menyebut itu kabar bohong atau hoax.

Hasil Liga 1 2021-2021: Gol Ilham Udin Armaiyn Bawa Kemenangan PSM Makassar atas Persik Kediri

Babak pertama kedua tim masing-masing mencetak dua gol

Berburu Bocoran Avanza-Xenia Terbaru

Berburu bocoran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru yang terpantau dari pendaftaran kode mobil baru.

Alex dan Azis, Dua Batu Sandungan Partai Golkar Menuju 2024

Alex Noordin dan Azis Syamsuddin telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi yang berbeda.

5 Faktor Ini Tentukan Tingkat Keparahan Efek Traumatis Anak Korban Kekerasan Seksual

Namun efek traumatis yang dirasakan setiap anak korban seksual berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.

Presiden Tanam Mangrove dan Lepas Tukik di Cilacap

Lepasliar 1.500 tukik penyu lekang dan tukik penyu hijau

Dispar Solo Fasilitasi Pengajuan QR Code PeduliLindungi, Pelaku Usaha Buruan Daftar!

Dinas Pariwisata Kota Solo memfasilitasi pelaku usaha dan kantor instansi untuk pengajuan kode batang atau QR Code PeduliLindungi.

Ngaku Kasatreskrim, Polisi Gadungan Tipu Guru PNS Hingga Rp68 Juta

Tersangka mengaku kepada korban sebagai anggota Polri berpangkat AKP dan menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Madiun Kota.

Hampir Sebulan Banjir Rendam Jalan Trans Kalimantan, Kendaraan Antre Melintas

Banjir merendam jalan nasional sepanjang 2,5 kilometer sejak Senin (30/8/2021)

Resmi! Eks Mensos Juliari Batubara Jadi Penghuni LP Tangerang.

Bila harta Juliari tidak mencukupi, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Persis Solo Siapkan 3 Desain Jersey Penuh Filosofi

Bryan Barcelona mengatakan setiap desain jersey memiliki filosofi tersendiri yang berkaitan dengan sejarah Persis maupun identitas tim sebagai klub dari Solo.

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).

Ini Dia Galaxy M22, HP Baru Samsung Harga Rp2 Jutaan

Samsung Galaxy M22 resmi hadir di Indonesia dan bakal dijual secara flash sale akhir bulan nanti.

Bersepeda, Wali Kota Madiun Semangati Warga dan Salurkan Bantuan

Kegiatan bersepeda itu selain menjadi sarana untuk menyemangati masyarakat juga untuk memastikan warga patuh protokol kesehatan.