SOLOPOS.COM - Suasana saat pasangan Rohadi Widodo-Ida Retno Rahayuningsih mendaftar sebagai cabup-cawabup di KPU Karanganyar, Rabu (17/1/2018) malam. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

PKS Karanganyar mendaftarkan Rohadi Widodo-Ida Retno Rahayuningsih sebagai pasangan cabup-cawabup.

Solopos.com, KARANGANYAR — DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Karangangar akhirnya mendaftarkan Rohadi Widodo sebagai calon bupati (cabup) pada Pilkada 2018. Rohadi berpasangan dengan Ida Retno Rahayuningsih, seorang pengusaha asal Jaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

PKS berhasil memenuhi syarat mengusung pasangan calon setelah berhasil meyakinkan Partai Gerindra untuk berkoalisi. PKS tadinya tak memenuhi syarat mengusung pasangan calon karena hanya memiliki enam kursi di DPRD Karanganyar. Sedangkan syarat mengusung calon minimal harus mengantongi sembilan kursi.

Dengan bergabungnya Gerindra, pasangan Rohadi-Ida memiliki dukungan 10 kursi di DPRD. Pantauan Solopos.com, Rohadi-Ida tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar menjelang penutupan pendaftaran pukul 24.00 WIB, Rabu (17/1/2018).

Baca:

Datangi KPU, PKS Karanganyar bakal Daftarkan Calon?

Curhat Rohadi Setelah Dicerai Juliyatmono di Pilkada Karanganyar 2018: Mules Sehari

Mereka didampingi sejumlah petinggi PKS dan Gerindra di antaranya Ketua DPD PKS Karanganyar Joko Tri Susilo, Wakil Ketua DPRD Karanganyar dari PKS Warsini, dan Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng Sriyanto. Mereka diterima oleh Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho.

Dalam sambutannya seusai pembacaan syarat pencalonan oleh Ketua KPU Sri Handoko, Rohadi menyebut DPP Partai Gerindra dan DPP PKS. Ia juga memastikan Ida Retno Rahayuningsih sebagai pasangannya di Pilkada nanti.

“Sebelum pukul 24.00 WIB kami sudah diizinkan Allah SWT untuk ikut Pilkada. Kami hadir untuk mendaftar. Semoga membawa berkah,” kata Rohadi.

Meski mengaku mendapat dukungan dari DPP Gerindra, tidak ada jajaran pengurus DPC Gerindra Karanganyar saat pasangan Rohadi-Ida mendaftar. Kader Gerindra yang terlihat hanya Sriyanto Saputro.

KPU membacakan daftar hadir dalam proses pendaftaran itu. Lembaga penyelenggara pemilu itu juga meminta surat pengambilalihan pendaftar dari DPC ke DPP dikarenakan pengurus DPC Gerindra Karanganyar tidak hadir dalam pendaftaran.

Pengecekan berkas itu dilakukan karena Gerindra sebelumnya ikut menjadi salah satu parpol pengusung pasangan Juliyatmono-Rober Christanto. Gerindra bergabung bersama parpol lainnya yaitu PDIP, Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat, PPP, Partai Hanura, dan PAN.

Selama masa pendaftaran pada Senin-Rabu (8-10/1/2018), hanya pasangan Juliyatmono-Rober yang mendaftar sehingga KPU Karanganyar melakukan perpanjangan pendaftaran calon kepala daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya