SOLOPOS.COM - Calon wakil gubernur Jateng Ida Fauziah mengunjungi perajin tahu di Sragen, Jateng, Minggu (18/3/2018). (Liputan6com-Tim Media Ida Fauziah)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 diisi masa kampanyenya oleh calon wakil gubernur Ida Fauziah dengan mendengarkan keluhan para perajin tahu.

Semarangpos.com, JAKARTA — Calon wakil gubernur Jawa Tengah Ida Fauziah mengisi masa kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng dalam rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018, Minggu (18/3/2018), dengan mendengarkan keluhan para perajin tahu sentra usaha tahu di Kampung Teguhan, Kabupaten Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di Kampung Teguhan itu, mayoritas masyarakatnya memprodukksi tahu. Tercatat jumlah pengrajin tahu di kawasan itu mencapai 67 kepala keluarga. Mereka menggantungkan produksi pada kedelai, yang menjadi bahan utama pembuatan tahu.

Dalam perbincangan dengan Ida, warga bernama Darno meminta agar harga kedelai tidak mahal. Masyarakat merasa saat ini harga kedelai cukup tinggi. Untuk setiap kilogram dibandrol Rp7.200/kg.

Bagi para pengrajin tahu, harga kedelai ideal adalah Rp6.000/kg. “Memang ini kedelai impor, karena kalau pakai kedelai lokal sulit untuk mengolahnya,” jelasnya sebagaimana dikutip siaran pers Tim Media Ida Fauziyah yang diterima Redaksi Liputan6.com di Jakarta.

Hal serupa juga diungkapkan warga lain, Sukiman. Meski harga kedelai tinggi warga tetap memproduksi tahu. Mereka menyiasati mahalnya bahan baku dengan membuat ukuran tahu yang lebih kecil.

Mendengar keluhan itu, Ida Fauziyah yang dalam pilkada atau Pilgub Jateng 2018 tampil bersama calon gubernur Sudirman Said sebagai pasangan bernomor urut 2 itu tak serta merta memberikan solusi terkait penerunan harga kedelai. Namun menyadari potensi besar kerajinan tahu di kawasan itu, ia bertekad mengampanyekan tahu di sana agar dikenal masyarakat.

“Jangan sampai kalah dengan tahu dari provinsi lain,” tegas Ida Fauziyah sebagaimana dipublikasikan laman aneka berita Liputan6.com, Senin (19/3/2018).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya