SOLOPOS.COM - Calon wakil gubernur Jawa Tengah Taj Yasin (tengah) berbincang-bincang dengan Sekretaris DPC PDIP Banyumas Juli Krisdianto (kiri) dan Koordinator Sukarelawan Ganjar-Yasin Wilayah Banyumas Raya Bambang Barata Aji (kanan) di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (7/3/2018) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Sumarwoto)

Pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 dihadapi calon wakil gubernur Taj Yasin dengan meminta doa restu ulama Banyumas.

Semarangpos.com, PURWOKERTO — Calon wakil gubernur Jawa Tengah Taj Yasin meminta doa restu kepada sejumlah ulama dan tokoh masyarakat dalam kunjungannya di Kabupaten Banyumas. “Ada 14 titik [di Banyumas] termasuk ke para kiai, ke habib, tentunya karena kami itu punya kakak di Banyumas, tepatnya di Leler, Kecamatan Kebasen,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (7/3/2018) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang akrab disapa Gus Yasin karena putra dari K.H. Maimoen Zubaer itu membeberkan agendanya itu kepada wartawan saat bersilaturahmi dengan ulama dan tokoh masyarakat di rumah Koordinator Sukarelawan Ganjar-Yasin Wilayah Banyumas Raya Bambang Barata Aji.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia lalu mengatakan istri K.H. Zuhrul Anam Hisyam alias Gus Anam, pengasuh Pondok Pesantren At Taujieh Al Islamy 2 Leler, merupakan kakak kandungnya, yakni Hj. Rodliyah Ghorro Maimoen Zubair. Oleh karena itu, dia mengaku optimistis di Banyumas ada jalan untuk meraih kemenangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng dalam rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018 bersama calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Alhamdulillah untuk di Banyumas ada jalan. Apalagi di bawah Mas Juli [Sekretaris DPC PDI Perjuangan Banyumas Juli Krisdianto] ada 16 kursi [di DPR Banyumas] dan sebagainya, kita yakin, Insya Allah,” katanya.

Dia juga mengklaim mendapat sambutan baik dan dukungan penuh dari sejumlah habib dan kiai yang dikunjungi mulai dari wilayah timur-selatan Banyumas hingga barat. Menurut dia, program sowan atau bersilaturahmi dengan para habib, kiai, dan tokoh masyarakat ditujukan untuk menyatukan visi dan misi. “Insya Allah di Banyumas menang. Bukan hanya di Banyumas, se-Jawa Tengah,” katanya.

Lebih lanjut, Gus Yasin mengatakan dalam silaturahmi tersebut, pihaknya menawarkan beberapa program di antaranya meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan keagamaan. Selain itu, kata dia, pihaknya juga ingin menjalin hubungan antarumat dan jalinan tersebut harus benar-benar dijaga.

“Apalagi di Jawa Tengah ini memiliki bahasa yang kuat, yang hebat, di bahasa manapun belum ada saya lihat. Bahasa yang memakai unggah-ungguh, yang menjunjung tinggi bagaimana hubungan kita dengan orang tua, bagaimana orang tua dengan anak,” katanya.

Menurut dia, bahasa yang dimiliki Jawa Tengah termasuk toleransi keagamaannya harus terus dijaga. Di samping itu, dia bersama calon gubernur Ganjar Pranowo melalui pilkada atau Pilgub Jateng 2018 juga ingin melanjutkan program-program yang belum terselesaikan agar berkesinambungan.

Dari pertemuan dengan para kiai dan tokoh masyarakat di Banyumas, kata dia, harapan yang disampaikan mereka adalah pendidikan keagamaan benar-benar diperhatikan. “Dan Alhamdulillah, Insya Allah nanti kalau ada yang bisa menghafalkan kitab suci, Insya Allah akan diberikan beasiswa. Kita lihat, kalau memang tingkat SD sudah bisa menghafal kitab suci ya kita kasih, tingkat SMP ya kita kasih,” kata mantan anggota DPRD Jateng yang telah mundur demi mengikuti pilkada atau Pilgub Jateng 2018 itu.

Ia mengatakan alokasi anggaran untuk beasiswa itu akan dibahas lebih lanjut karena tidak mesti dari APBD namun bisa dari sumber lain. Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 diikuti dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung PDIP, PPP, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat sebagai peserta dengan nomor urut 1, serta Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB sebagai peserta dengan nomor urut 2.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya