PILKADA 2018 : Datangi Lokasi Longsor, Ganjar Minta BPBD Pasang EWS

PILKADA 2018 : Datangi Lokasi Longsor, Ganjar Minta BPBD Pasang EWS

SOLOPOS.COM - Cagub Jateng nomor urut dua, Ganjar Pranowo, saat meninjau lokasi bencana longsor di Brebes, Jateng, Selasa (28/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-tim media Ganjar Pranowo)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018, salah satu peserta, Ganjar Pranowo, mengunjungi lokasi bencana tanah longsor di Brebes.

Solopos.com, SEMARANG – Gubernur nonaktif Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyambangi lokasi bencana alam tanah longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, di sela masa cuti kampanye pilkada atau Pilgub Jateng 2019, Selasa (28/2/2018).

Dalam kunjungan itu, Ganjar berkesempatan bertemu dengan para korban dan juga petugas yang mencari keberadaan korban yang hingga kini belum ditemukan.

Informasi yang diperoleh dari tim media Ganjar Pranowo, seusai bertatap muka dengan para koran, cagub Jateng nomor urut dua itu pun meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memasang early warning system (EWS) di lokasi itu. Hal itu dikarenakan lokasi Desa Pasir Panjang yang terletak di kawasan hutan produksi milik Perhutani BKPH Salem tersebut rawan bencana tanah longsor menyusul adanya pergerakan tanah.

“Seluruh bukit milik Perhutani dicek, jika ada potensi kerawanan maka harus dipasang EWS. Alatnya sudah ada, tinggal dipasang,” ujar Ganjar dalam siaran pers tim media Ganjar Pranowo, Selasa.

Saat di lokasi bencana itu, politikus PDIP itu juga berkesempatan berbincang dengan petugas dan sukarelawan yang masih mencari korban hilang. Hingga saat ini, operasi pencarian menemukan 10 korban dalam kondisi meninggal dunia dan masih ada tujuh korban lain yang dilaporkan hilang.

“Hari ini terakhir operasi pencarian sampai jam 12.00 WIB nanti. Saya dengan antara tim dan keluarga korban sudah sepakat, keluarga sudah ikhlas,” tutur alumnus UGM itu.

Kepala Desa Pasir Panjang, Riswanto, mengatakan dampak longsor juga mengakibatkan 30 rumah rusak. Dari seluruh rumah yang rusak itu, tiga rumah di antaranya mengalami kerusakan parah, bahkan hampir rata tanah.

"Material lumpur dari bukit itu turun menerjang Kampung Cikarae, lumpur masuk rumah setinggi dada. Saat ini warga sedang kerja bakti membersihkan lumpurnya," katanya.

Dampak lain adalah sulitnya air bersih karena pipa-pipa air warga rusak.Sedangkan soal logistik makanan sampai saat ini menurut laporan Riswanto sudah cukup. Bantuan datang dari berbagai penjuru, baik pemerintah pusat, provinsi Jateng, Pemda Brebes, maupun organisasi pemuda, perusahaan swasta dan partai politik.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.