Tutup Iklan

PILKADA 2018 : Datangi Lokasi Longsor, Ganjar Minta BPBD Pasang EWS

PILKADA 2018 : Datangi Lokasi Longsor, Ganjar Minta BPBD Pasang EWS

SOLOPOS.COM - Cagub Jateng nomor urut dua, Ganjar Pranowo, saat meninjau lokasi bencana longsor di Brebes, Jateng, Selasa (28/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-tim media Ganjar Pranowo)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018, salah satu peserta, Ganjar Pranowo, mengunjungi lokasi bencana tanah longsor di Brebes.

Solopos.com, SEMARANG – Gubernur nonaktif Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyambangi lokasi bencana alam tanah longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, di sela masa cuti kampanye pilkada atau Pilgub Jateng 2019, Selasa (28/2/2018).

Dalam kunjungan itu, Ganjar berkesempatan bertemu dengan para korban dan juga petugas yang mencari keberadaan korban yang hingga kini belum ditemukan.

Informasi yang diperoleh dari tim media Ganjar Pranowo, seusai bertatap muka dengan para koran, cagub Jateng nomor urut dua itu pun meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memasang early warning system (EWS) di lokasi itu. Hal itu dikarenakan lokasi Desa Pasir Panjang yang terletak di kawasan hutan produksi milik Perhutani BKPH Salem tersebut rawan bencana tanah longsor menyusul adanya pergerakan tanah.

“Seluruh bukit milik Perhutani dicek, jika ada potensi kerawanan maka harus dipasang EWS. Alatnya sudah ada, tinggal dipasang,” ujar Ganjar dalam siaran pers tim media Ganjar Pranowo, Selasa.

Saat di lokasi bencana itu, politikus PDIP itu juga berkesempatan berbincang dengan petugas dan sukarelawan yang masih mencari korban hilang. Hingga saat ini, operasi pencarian menemukan 10 korban dalam kondisi meninggal dunia dan masih ada tujuh korban lain yang dilaporkan hilang.

“Hari ini terakhir operasi pencarian sampai jam 12.00 WIB nanti. Saya dengan antara tim dan keluarga korban sudah sepakat, keluarga sudah ikhlas,” tutur alumnus UGM itu.

Kepala Desa Pasir Panjang, Riswanto, mengatakan dampak longsor juga mengakibatkan 30 rumah rusak. Dari seluruh rumah yang rusak itu, tiga rumah di antaranya mengalami kerusakan parah, bahkan hampir rata tanah.

“Material lumpur dari bukit itu turun menerjang Kampung Cikarae, lumpur masuk rumah setinggi dada. Saat ini warga sedang kerja bakti membersihkan lumpurnya,” katanya.

Dampak lain adalah sulitnya air bersih karena pipa-pipa air warga rusak.Sedangkan soal logistik makanan sampai saat ini menurut laporan Riswanto sudah cukup. Bantuan datang dari berbagai penjuru, baik pemerintah pusat, provinsi Jateng, Pemda Brebes, maupun organisasi pemuda, perusahaan swasta dan partai politik.

Berita Terkait

Berita Terkini

Bek Turki Minta Maaf Seusai Timnya Kalah dari Wales di Hadapan Erdogan

Bek tim nasional Turki Umut Meras menyampaikan permintaan maaf setelah timnya kalah 0-2 melawan Wales dalam lanjutan Grup A Euro 2020.

Jangan Ikut Salah Paham soal 5G, Baca Ini!

Pemerintah baru-baru ini mengumumkan warga negara Indonesia bisa menikmati generasi kelima atau 5G teknologi seluler, jangan gagap teknologi!

Turki 0-2 Wales: The Dragons Buka Kans ke 16 Besar

Wales berpeluang besar lolos ke fase gugur apakah sebagai dua tim teratas klasemen maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.