Tutup Iklan

PILKADA 2018 : Dana Kampanye Pilgub Jateng Paling Rendah

PILKADA 2018 : Dana Kampanye Pilgub Jateng Paling Rendah

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada serentak Jawa Tengah 2018. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018, dana kampanye para pesertanya diklaim paling rendah.

Solopos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) mengklaim dana kampanye yang disiapkan para pasangan calon (paslon) yang bersaing pada pemilihan kepala daerah atau tepatnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 menjadi yang terendah dibanding wilayah lain, seperti Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim).

Seperti diketahui, besaran dana kampanye tiap paslon Pilkada Jawa Tengah dibatasi maksimal Rp64,788 miliar.

Pembatasan demi menyesuaikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 5 Tahun 2017 tentang Dana Kampanye Peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Untuk Jawa Tengah dari perhitungan kami besaran dana kampanye merupakan yang terendah dibanding Jabar dan Jatim. Sebab, dengan cakupan wilayah yang luas, kami mampu menyepakati dana kampanye bersama para paslon,” ungkap Komisioner KPU Jateng, Muslim Aisha, di kantornya Jalan Veteran Semarang, Minggu (18/2/2018).

Muslim mengingatkan bahwa semua paslon yang maju Pilgub maupun Pilkada tujuh daerah agar mentaati aturan tersebut.

Dana kampanye yang dipakai, kata dia, tak boleh melewati batasan yang sudah ditetapkan KPU. Tujuannya agar proses kampanye yang damai dapat berjalan adil, setara sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tiap paslon.

“Ini sesuatu yang baru. Karena APK, iklan-iklan kampanyenya sudah difasilitasi semua sama KPU. Maka mari semua pihak harapan kami bisa menjunjung tinggi etika berkampanye dan menjauhi beredarnya kabar bohong (hoax),” katanya.

Sementara berdasarkan daftar laporan awal dana kampanye (LADK) paslon Pilgub Jateng yang dirilis KPU, diketahui jika paslon bernomor urut 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen telah menyerahkan daftar LADK sebesar Rp200 juta.

Dana kampanye Ganjar-Yasin diserahkan pada 14 Februari kemarin pukul 13.49 WIB dan diverifikasi secara lengkap oleh KPU.

Sedangkan, paslon bernomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah juga sudah menyerahkan daftar LADK sebesar Rp550 juta pada hari yang sama dengan jam 17.26 WIB. Proses verifikasi dilakukan komplit oleh tim KPU.

Berita Terkait

Berita Terkini

Bek Turki Minta Maaf Seusai Timnya Kalah dari Wales di Hadapan Erdogan

Bek tim nasional Turki Umut Meras menyampaikan permintaan maaf setelah timnya kalah 0-2 melawan Wales dalam lanjutan Grup A Euro 2020.

Jangan Ikut Salah Paham soal 5G, Baca Ini!

Pemerintah baru-baru ini mengumumkan warga negara Indonesia bisa menikmati generasi kelima atau 5G teknologi seluler, jangan gagap teknologi!

Turki 0-2 Wales: The Dragons Buka Kans ke 16 Besar

Wales berpeluang besar lolos ke fase gugur apakah sebagai dua tim teratas klasemen maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.