PILKADA 2018 : Dana Kampanye Pilgub Jateng Paling Rendah

PILKADA 2018 : Dana Kampanye Pilgub Jateng Paling Rendah

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada serentak Jawa Tengah 2018. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018, dana kampanye para pesertanya diklaim paling rendah.

Solopos.com, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) mengklaim dana kampanye yang disiapkan para pasangan calon (paslon) yang bersaing pada pemilihan kepala daerah atau tepatnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 menjadi yang terendah dibanding wilayah lain, seperti Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim).

Seperti diketahui, besaran dana kampanye tiap paslon Pilkada Jawa Tengah dibatasi maksimal Rp64,788 miliar.

Pembatasan demi menyesuaikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 5 Tahun 2017 tentang Dana Kampanye Peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Untuk Jawa Tengah dari perhitungan kami besaran dana kampanye merupakan yang terendah dibanding Jabar dan Jatim. Sebab, dengan cakupan wilayah yang luas, kami mampu menyepakati dana kampanye bersama para paslon," ungkap Komisioner KPU Jateng, Muslim Aisha, di kantornya Jalan Veteran Semarang, Minggu (18/2/2018).

Muslim mengingatkan bahwa semua paslon yang maju Pilgub maupun Pilkada tujuh daerah agar mentaati aturan tersebut.

Dana kampanye yang dipakai, kata dia, tak boleh melewati batasan yang sudah ditetapkan KPU. Tujuannya agar proses kampanye yang damai dapat berjalan adil, setara sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tiap paslon.

"Ini sesuatu yang baru. Karena APK, iklan-iklan kampanyenya sudah difasilitasi semua sama KPU. Maka mari semua pihak harapan kami bisa menjunjung tinggi etika berkampanye dan menjauhi beredarnya kabar bohong (hoax)," katanya.

Sementara berdasarkan daftar laporan awal dana kampanye (LADK) paslon Pilgub Jateng yang dirilis KPU, diketahui jika paslon bernomor urut 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen telah menyerahkan daftar LADK sebesar Rp200 juta.

Dana kampanye Ganjar-Yasin diserahkan pada 14 Februari kemarin pukul 13.49 WIB dan diverifikasi secara lengkap oleh KPU.

Sedangkan, paslon bernomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah juga sudah menyerahkan daftar LADK sebesar Rp550 juta pada hari yang sama dengan jam 17.26 WIB. Proses verifikasi dilakukan komplit oleh tim KPU.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balikĀ  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.