SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada atau Pilgub 2018 di Jateng diprediksi akan diikuti calon dari perseorangan atau independen.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemilihan umum kepala daerah (pilkada) atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) 2018 di Jawa Tengah (Jateng) tidak terbuka bagi para calon dari jalur perseorangan alias calon independen. Meski demikian, para calon dari jalur independen itu hingga kini masih terkesan malu-malu untuk menunjukan diri.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng), Joko Purnomo, saat dijumpai Semarangpos.com, Selasa (25/4/2017). Pria asal Wonogiri itu mengakui jika saat ini sudah mulai ada beberapa orang yang mulai menanyakan syarat-syarat untuk maju pada Pilgub Jateng 2018 dari jalur independen.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ada kemarin, satu orang asal Semarang yang bertanya-tanya kepada kami tentang syarat maju dari jalur independen. Tapi, saat ditanya balik apakah dia sendiri yang akan maju atau untuk orang lain, enggak mau mengaku. Mereka [para calon dari jalur independen] sepertinya masih pada malu-malu untuk muncul ke permukaan,” ujar Joko.

Joko menambahkan untuk pasangan calon independen yang akan bersaing pada Pilgub Jateng nanti harus mengantongi dukungan sekitar 1,8 juta orang. Dukungan itu harus tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jateng dengan jumlah minimal 50% dari total jumlah pemilih yang ada di setiap daerahnya.

Sementara untuk pasangan dari jalur partai politik (parpol), minimal harus memiliki 20 kursi di tingkat DPRD Jateng. “Untuk pasangan calon (paslon) dari jalur independen kami beri kesempatan menyerahkan bukti surat dukungannya pada Desember nanti. Sehingga, pada Januari 2018 nanti mereka bisa mengikuti proses pendaftaran bersama paslon lainnya dari jalur parpol. Untuk penetapan paslon pada Pilgub Jateng akan kami umumkan pertengahan Februari nanti,” beber Joko.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya