PILKADA 2018 : Begini Tanggapan Sudirman Said Terkait Tuduhan Kasus E-KTP kepada Ganjar

PILKADA 2018 : Begini Tanggapan Sudirman Said Terkait Tuduhan Kasus E-KTP kepada Ganjar

SOLOPOS.COM - Dua calon gubernur peserta Pilgub Jateng 2018, Sudirman Said dan Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/R.-Rekotomo)

Pilkada 2018 diwarnai isu kasus korupsi e-KTP yang dikaitkan dengan nama Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng.

Solopos.com, SEMARANG – Calon gubernur Jawa Tengah (Jateng), Sudirman Said, angkat bicara terkait tuduhan yang diarahkan kepada rival politiknya di Pilkada atau Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2018, Ganjar Pranowo, dalam kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu meminta masyarakat tidak buru-buru menjatuhkan vionis kepada Ganjar. Masyarakat harus menjunjung tinggi azas praduga tidak bersalah.

“Jangan buru-buru menjatuhkan vonis [Ganjar bersalah]. Biarkan mekanisme hukum bekerja. Saya yakin sebagai lembaga yang memiliki kepercayaan publik tinggi, KPK tidak akan sembrono,” ujar Sudirman dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Jumat (9/2/2018).

Saat ini Ganjar, yang juga merupakan calon petahana pada Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 memang tengah didera tuduhan menerima dana korupsi e-KTP. Tuduhan itu kembali mencuat dalam persidangan kasus korupsi e-KTP dengan terdakwa Setyo Novanto atau yang akrab disapa Setnov di Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Sudirman yang juga menjadi inisiator berdirinya KPK itu menyatakan sikapnya untuk memerangi tindak korupsi. Ia juga mengaku bahwa keikutsertaannya dalam Pilkada atau Pilgub Jateng bersama Ida Fauziyah bukan untuk menambah panjang daftar kepala daerah yang tersandung kasus korupsi.

Sebaliknya, dia akan berupaya menciptakan pemerintahan yang bersih dari korupsi dan berpihak pada kepentingan orang banyak. “Kami ikut pilkada bukan untuk menambah daftar kepala daerah yang berurusan dengan KPK. Kami hadir untuk mengisi ruang perbaikan yang ada di Jawa Tengah,” imbuh Sudirman.

Sebagai aktivis antikorupsi, Sudirman juga tidak mungkin mengkhianati perjuangan pemberantasan korupsi yang sudah puluhan tahun dijalani. Demikian juga halnya dengan Ida Fuziyah. Selama empat periode sebagai anggota legislatif integritasnya tetap terjaga.

"Kami memiliki visi dan misi yang sama dalam membangun Jawa Tengah. Kami sepakat menciptakan pemerintahan yang bersih. Kami berjanji tidak akan mengkhianati warga Jawa Tengah dengan ikut-ikutan korupsi jika terpilih kelak," beber Sudirman.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.