Tutup Iklan

PILKADA 2018 : Begini Tanggapan Sudirman Said Terkait Tuduhan Kasus E-KTP kepada Ganjar

PILKADA 2018 : Begini Tanggapan Sudirman Said Terkait Tuduhan Kasus E-KTP kepada Ganjar

SOLOPOS.COM - Dua calon gubernur peserta Pilgub Jateng 2018, Sudirman Said dan Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/R.-Rekotomo)

Pilkada 2018 diwarnai isu kasus korupsi e-KTP yang dikaitkan dengan nama Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng.

Solopos.com, SEMARANG – Calon gubernur Jawa Tengah (Jateng), Sudirman Said, angkat bicara terkait tuduhan yang diarahkan kepada rival politiknya di Pilkada atau Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2018, Ganjar Pranowo, dalam kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu meminta masyarakat tidak buru-buru menjatuhkan vionis kepada Ganjar. Masyarakat harus menjunjung tinggi azas praduga tidak bersalah.

“Jangan buru-buru menjatuhkan vonis [Ganjar bersalah]. Biarkan mekanisme hukum bekerja. Saya yakin sebagai lembaga yang memiliki kepercayaan publik tinggi, KPK tidak akan sembrono,” ujar Sudirman dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Jumat (9/2/2018).

Saat ini Ganjar, yang juga merupakan calon petahana pada Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 memang tengah didera tuduhan menerima dana korupsi e-KTP. Tuduhan itu kembali mencuat dalam persidangan kasus korupsi e-KTP dengan terdakwa Setyo Novanto atau yang akrab disapa Setnov di Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Sudirman yang juga menjadi inisiator berdirinya KPK itu menyatakan sikapnya untuk memerangi tindak korupsi. Ia juga mengaku bahwa keikutsertaannya dalam Pilkada atau Pilgub Jateng bersama Ida Fauziyah bukan untuk menambah panjang daftar kepala daerah yang tersandung kasus korupsi.

Sebaliknya, dia akan berupaya menciptakan pemerintahan yang bersih dari korupsi dan berpihak pada kepentingan orang banyak. “Kami ikut pilkada bukan untuk menambah daftar kepala daerah yang berurusan dengan KPK. Kami hadir untuk mengisi ruang perbaikan yang ada di Jawa Tengah,” imbuh Sudirman.

Sebagai aktivis antikorupsi, Sudirman juga tidak mungkin mengkhianati perjuangan pemberantasan korupsi yang sudah puluhan tahun dijalani. Demikian juga halnya dengan Ida Fuziyah. Selama empat periode sebagai anggota legislatif integritasnya tetap terjaga.

“Kami memiliki visi dan misi yang sama dalam membangun Jawa Tengah. Kami sepakat menciptakan pemerintahan yang bersih. Kami berjanji tidak akan mengkhianati warga Jawa Tengah dengan ikut-ikutan korupsi jika terpilih kelak,” beber Sudirman.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.

Kemendikbud Klaim 78,3% SD Sudah Tatap Muka Terbatas

Kemendikbud Ristek mengklaim 78,3% dari 50.000 sekolah dasar di Indonesia telah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

Selebrasi Rasis Striker Austria Marko Arnautovic Berbuah Skors

Striker atau pemain depan Austria Marko Arnautovic diskors satu pertandingan oleh UEFA karena menghina pemain lain melalui selebrasi rasis.

Cek Video Ini! Beginikah Tsunami Maluku Tengah?

Gempa tektonik berkekuatan 6,1 M atau 6,0 mengguncang wilayah Maluku Tengah di Pulau Seram hingga Ambon, sehingga mendatangkan tsunami.

BMKG: Kawasan Selatan Seram Maluku Rawan Tsunami

Sebelumnya, BMKG pada Rabu siang memperingatkan adanya tsunami di Maluku Tengah, tepatnya di Pulau Seram menyusul terjadinya gempa.