Tutup Iklan

PILKADA 2018 : Bantah Tolak Pabrik Semen Kendeng, Warga Samin Kudus Dukung Ganjar

PILKADA 2018 :  Bantah Tolak Pabrik Semen Kendeng, Warga Samin Kudus Dukung Ganjar

SOLOPOS.COM - Sejumlah orang yang mengaku sebagai warga Samin Kudus saat berbincang dengan Cagub petahana Jateng, Ganjar Pranowo, di kediaman Ganjar, Jl. Tengger Timur Raya No.1, Semarang, Minggu (25/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-tim media Ganjar Pranowo)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 diwarnai dukungan dari warga Samin di Kudus kepada Ganjar Pranowo.

Solopos.com, SEMARANG – Calon gubernur (Cagub) petahanan Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, kembali mendapat dukungan dalam menghadapi kontestasi politik pada pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018. Kali ini dukungan kepada Ganjar datang dari sejumlah orang yang mengaku berasal dari komunitas Sedulur Sikep Kabupaten Kudus.

Sekelompok orang yang mengaku berasal dari kelompok warga Samin yang tinggal di Kudus itu menyatakan dukungannya dengan mendatangi rumah kontrakan Ganjar di Jl. Tengger Timur Raya No. 1, Gajahmungkur, Kota Semarang, Minggu (25/2/2018) pagi.

Dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com dari tim media Ganjar Pranowo, Minggu siang, kedatangan warga Samin Kudus yang berjumlah 15 orang itu selain menyatakan dukungan ke politikus PDIP itu juga menyampaikan keprihatinan atas opini yang berkembang di masyarakat. Saat ini, di masyarakat berkembang opini bahwa warga Samin memusuhi Ganjar karena kebijakannya terkait izin eksploitasi pabrik semen di Pegunungan Kendeng di Rembang dan Pati.

“Ya memang ada yang seperti itu, tapi hanya beberapa orang saja. Kami sedulur Sikep di Kudus juga Blora tidak seperti itu. Sejak dulu kami mendukung pemerintah, leluhur kami Samin Surosentiko melawan penjajah juga karena mendukung pemerintah Republik Indonesia,” kata tokoh Sikep Kudus, Budi Santoso, dalam siaran pers tim media Ganjar Pranowo, Minggu.

Menurut Budi, justru sebagian besar masyarakat Samin menyukai kepemimpinan Ganjar Pranowo. “Sejak dulu mau nyalon gubernur kami sudah mendukung karena beliau (Ganjar) orangnya dekat dengan rakyat dan mendengarkan kami, sering mengunjungi Sikep, maka kali ini pun kami ke sini menyampaikan dukungan,” katanya.

Terkait pabrik semen di Kendeng, Budi menilai tidak ada sangkut paut dengan warga. Ia menilai leluhur Sikep memang mengajarkan anak cucuknya peduli dengan kelestarian lama, tapi bukan berarti melarang untuk memberdayakan.

Sementara itu, Ganjar berpesan kepada warga Sikep yang datang ke rumahnya itu untuk selalu menjaga kerukunan.

“Ya kemarin saya di-SMS dari Sedulur Sikep mau ke sini, saya persilahkan saja dan hari ini bertemu. Saya akan agendakan membalas kunjungan ini ke Kudus. Kalau ke Blora di Klopoduwur saya sudah ke sana dan berbincang banyak, rupanya banyak hal yang berbeda dari realitas media dan saya terimakasih ini disampaikan,” klaim Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Disingkirkan Cristiano Ronaldo, Coca-Cola Rugi Rp57,2 T

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.

Kemendikbud Klaim 78,3% SD Sudah Tatap Muka Terbatas

Kemendikbud Ristek mengklaim 78,3% dari 50.000 sekolah dasar di Indonesia telah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

Selebrasi Rasis Striker Austria Marko Arnautovic Berbuah Skors

Striker atau pemain depan Austria Marko Arnautovic diskors satu pertandingan oleh UEFA karena menghina pemain lain melalui selebrasi rasis.

Cek Video Ini! Beginikah Tsunami Maluku Tengah?

Gempa tektonik berkekuatan 6,1 M atau 6,0 mengguncang wilayah Maluku Tengah di Pulau Seram hingga Ambon, sehingga mendatangkan tsunami.