SOLOPOS.COM - Sejumlah orang yang mengaku sebagai warga Samin Kudus saat berbincang dengan Cagub petahana Jateng, Ganjar Pranowo, di kediaman Ganjar, Jl. Tengger Timur Raya No.1, Semarang, Minggu (25/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-tim media Ganjar Pranowo)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 diwarnai dukungan dari warga Samin di Kudus kepada Ganjar Pranowo.

Semarangpos.com, SEMARANG – Calon gubernur (Cagub) petahanan Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, kembali mendapat dukungan dalam menghadapi kontestasi politik pada pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018. Kali ini dukungan kepada Ganjar datang dari sejumlah orang yang mengaku berasal dari komunitas Sedulur Sikep Kabupaten Kudus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekelompok orang yang mengaku berasal dari kelompok warga Samin yang tinggal di Kudus itu menyatakan dukungannya dengan mendatangi rumah kontrakan Ganjar di Jl. Tengger Timur Raya No. 1, Gajahmungkur, Kota Semarang, Minggu (25/2/2018) pagi.

Dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com dari tim media Ganjar Pranowo, Minggu siang, kedatangan warga Samin Kudus yang berjumlah 15 orang itu selain menyatakan dukungan ke politikus PDIP itu juga menyampaikan keprihatinan atas opini yang berkembang di masyarakat. Saat ini, di masyarakat berkembang opini bahwa warga Samin memusuhi Ganjar karena kebijakannya terkait izin eksploitasi pabrik semen di Pegunungan Kendeng di Rembang dan Pati.

“Ya memang ada yang seperti itu, tapi hanya beberapa orang saja. Kami sedulur Sikep di Kudus juga Blora tidak seperti itu. Sejak dulu kami mendukung pemerintah, leluhur kami Samin Surosentiko melawan penjajah juga karena mendukung pemerintah Republik Indonesia,” kata tokoh Sikep Kudus, Budi Santoso, dalam siaran pers tim media Ganjar Pranowo, Minggu.

Menurut Budi, justru sebagian besar masyarakat Samin menyukai kepemimpinan Ganjar Pranowo. “Sejak dulu mau nyalon gubernur kami sudah mendukung karena beliau (Ganjar) orangnya dekat dengan rakyat dan mendengarkan kami, sering mengunjungi Sikep, maka kali ini pun kami ke sini menyampaikan dukungan,” katanya.

Terkait pabrik semen di Kendeng, Budi menilai tidak ada sangkut paut dengan warga. Ia menilai leluhur Sikep memang mengajarkan anak cucuknya peduli dengan kelestarian lama, tapi bukan berarti melarang untuk memberdayakan.

Sementara itu, Ganjar berpesan kepada warga Sikep yang datang ke rumahnya itu untuk selalu menjaga kerukunan.

“Ya kemarin saya di-SMS dari Sedulur Sikep mau ke sini, saya persilahkan saja dan hari ini bertemu. Saya akan agendakan membalas kunjungan ini ke Kudus. Kalau ke Blora di Klopoduwur saya sudah ke sana dan berbincang banyak, rupanya banyak hal yang berbeda dari realitas media dan saya terimakasih ini disampaikan,” klaim Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya