PILKADA 2018 : Bantah Tolak Pabrik Semen Kendeng, Warga Samin Kudus Dukung Ganjar

PILKADA 2018 :  Bantah Tolak Pabrik Semen Kendeng, Warga Samin Kudus Dukung Ganjar

SOLOPOS.COM - Sejumlah orang yang mengaku sebagai warga Samin Kudus saat berbincang dengan Cagub petahana Jateng, Ganjar Pranowo, di kediaman Ganjar, Jl. Tengger Timur Raya No.1, Semarang, Minggu (25/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-tim media Ganjar Pranowo)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 diwarnai dukungan dari warga Samin di Kudus kepada Ganjar Pranowo.

Solopos.com, SEMARANG – Calon gubernur (Cagub) petahanan Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, kembali mendapat dukungan dalam menghadapi kontestasi politik pada pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018. Kali ini dukungan kepada Ganjar datang dari sejumlah orang yang mengaku berasal dari komunitas Sedulur Sikep Kabupaten Kudus.

Sekelompok orang yang mengaku berasal dari kelompok warga Samin yang tinggal di Kudus itu menyatakan dukungannya dengan mendatangi rumah kontrakan Ganjar di Jl. Tengger Timur Raya No. 1, Gajahmungkur, Kota Semarang, Minggu (25/2/2018) pagi.

Dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com dari tim media Ganjar Pranowo, Minggu siang, kedatangan warga Samin Kudus yang berjumlah 15 orang itu selain menyatakan dukungan ke politikus PDIP itu juga menyampaikan keprihatinan atas opini yang berkembang di masyarakat. Saat ini, di masyarakat berkembang opini bahwa warga Samin memusuhi Ganjar karena kebijakannya terkait izin eksploitasi pabrik semen di Pegunungan Kendeng di Rembang dan Pati.

“Ya memang ada yang seperti itu, tapi hanya beberapa orang saja. Kami sedulur Sikep di Kudus juga Blora tidak seperti itu. Sejak dulu kami mendukung pemerintah, leluhur kami Samin Surosentiko melawan penjajah juga karena mendukung pemerintah Republik Indonesia,” kata tokoh Sikep Kudus, Budi Santoso, dalam siaran pers tim media Ganjar Pranowo, Minggu.

Menurut Budi, justru sebagian besar masyarakat Samin menyukai kepemimpinan Ganjar Pranowo. “Sejak dulu mau nyalon gubernur kami sudah mendukung karena beliau (Ganjar) orangnya dekat dengan rakyat dan mendengarkan kami, sering mengunjungi Sikep, maka kali ini pun kami ke sini menyampaikan dukungan,” katanya.

Terkait pabrik semen di Kendeng, Budi menilai tidak ada sangkut paut dengan warga. Ia menilai leluhur Sikep memang mengajarkan anak cucuknya peduli dengan kelestarian lama, tapi bukan berarti melarang untuk memberdayakan.

Sementara itu, Ganjar berpesan kepada warga Sikep yang datang ke rumahnya itu untuk selalu menjaga kerukunan.

“Ya kemarin saya di-SMS dari Sedulur Sikep mau ke sini, saya persilahkan saja dan hari ini bertemu. Saya akan agendakan membalas kunjungan ini ke Kudus. Kalau ke Blora di Klopoduwur saya sudah ke sana dan berbincang banyak, rupanya banyak hal yang berbeda dari realitas media dan saya terimakasih ini disampaikan,” klaim Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.