Pilkada 2018 : Anggota DPRD Karanganyar Mangkir Panggilan Panwaslu soal Money Politics

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Anggota DPRD Karanganyar, Anung Marwoko, tidak memenuhi panggilan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Karanganyar, Kamis (5/4/2018). Pemanggilan politikus Partai Golkar itu terkait pengusutan kasus dugaan money politics Pilkada 2018 di Mojogedang, Selasa (27/3/2018) malam.

Ketua Panwaslu Karanganyar, Kustawa, mengatakan Panwaslu berkomitmen mengusut tuntas dugaan politik uang yang menyeret Anung Marwoko di Mojogedang. Hal itu dibuktikan dengan langkah sigap Panwaslu memintai keterangan sejumlah saksi dan terlapor, Kamis (5/4/2018).

Sebelum pukul 12.00 WIB, Panwaslu sudah memintai keterangan pelapor dan dua saksi lainnya. Pelapor yakni warga Jatisari Tepos RT 006/RW 010, Sewurejo, Mojogedang, Supardi, 53, sedangkan saksi yakni Sugiyah, 53 (istri Supardi) dan Setiyadi (anak Supardi).

Panwaslu juga memanggil terlapor, Anung Marwoko, Kamis pukul 13.00 WIB. “Surat undangan memintai keterangan sudah kami layangkan Rabu [4/4/2018]. Surat itu kami pastikan sudah sampai ke masing-masing penerima. Tiga saksi datang ke Panwaslu. Terkait saudara Anung Marwoko, yang bersangkutan memang masih berada di luar kota [belum dapat hadir memenuhi undangan]. Sampai Kamis sore ini [kemarin sore] belum datang,” kata Ketua Panwaslu Karanganyar, Kustawa, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis.

Kustawa mengatakan pemanggilan pelapor, terlapor, dan para saksi merupakan langkah awal Panwaslu guna menindaklanjuti laporan dugaan politik uang di Mojogedang. Panwaslu yang memiliki waktu lima hari setelah memperoleh laporan harus memintai keterangan seluruh saksi, pelapor, dan terlapor guna mengambil kesimpulan apakah dugaan yang dilaporkan pelapor sesuai kenyataan.

“Bagi yang tidak hadir, kami akan panggil kembali kali kedua. Prosedurnya memang seperti itu. Di tahap awal ini, kami ingin mengetahui kronologi kejadian yang sebenarnya dari masing-masing pihak [pelapor, terlapor, dan para saksi],” katanya.

Terpisah, Anung Marwoko mengatakan masih berada di luar kota. Selama menggelar kegiatan di Mojogedang, Anung Marwoko memberikan kain batik guna membantu ibu-ibu PKK di daerah tersebut.

“Saya di Bali dari kemarin. Saya di Mojogedang itu murni kegiatan saya sebagai wakil rakyat. Saya tidak bicara pilkada dan tidak ada stiker di sana,” katanya.

Sugiyah, istri Supardi, mengatakan kehadirannya di Panwaslu guna memenuhi pemanggilan Panwaslu. Saat hadir di Panwaslu, Sugiyah beserta suami dan anaknya didampingi Forum Masyarakat Karanganyar (Formaska) yang diketuai Muhammad Riyadi.

“Waktu pertemuan dengan Pak Anung Marwoko memang diberi kain batik [karena warga membutuhkan kain itu]. Kain itu diberikan sopir Pak Anung Marwoko. Kalau terkait stiker [bergambar pasangan calon nomor urut 2, Juliyatmono-Rober Christanto], hal itu sudah ada di rumah pak RT. Saat kegiatan itu, Pak Anung Marwoko memang tak ada kata-kata atau omongan untuk mengajak memilih pasangan tertentu. Di waktu sebelumnya, kami juga dibantu RT,” katanya.

Sebagaimana diketahui, warga Mojogedang yang didampingi Formaska melaporkan dugaan politik uang saat anggota DPRD Karanganyar, Anung Marwoko, bertemu ibu-ibu di Jatisari Tepos, Sewurejo, Mojogedang, Selasa (27/3/2018) malam. Pada kesempatan itu, ibu-ibu PKK mendapat bantuan kain batik dan selebaran bergambar pasangan calon nomor urut 2, Juliyatmono-Rober Christanto.

 

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Hasil Liga 1 2021-2022: Derbi Kalimatan, Borneo FC vs Barito Putera Bermain Imbang 1-1

Barito Putera unggul lebih dahulu lewat gol yang dicetak Muhammad Luthfi Kamal

Bukti Keberhasilan Pemberdayaan BUMDes, Semen Gresik Raih Nusantara CSR Awards 2021

Program CSR Semen Gresik telah memberikan kebermanfaatan, diantaranya mendorong penurunan angka kemiskinan di area perusahaan.

Petugas DLHK dan Polisi Klaten Cek Air Saluran Irigasi yang Berubah Merah, Hasilnya?

Petugas dari DLHK dan Polres Klaten mengambil sampel air di saluran irigasi yang sebelumnya dikabarkan berubah warna menjadi merah.

Pemkab Sukoharjo Bantu Biaya Pendidikan Anak Pasutri Tinggal di Kolong Meja Wedangan Kartasura

Pemkab Sukoharjo akan memberikan bantuan biaya pendidikan kepada anak dari pasangan suami istri Cahyo Yulianto, 50 dan Wiwin Haryati, 48.

Waduh! Antrean Warga Mengular di Sentra Vaksinasi XT Square

Pendeknya durasi di hari Jumat akibat ibadah salat membuat warga berlomba datang lebih dulu hingga antrean mengular.

Sponsor Berlimpah, Persis Solo Kewalahan Terima Tawaran Kerja Sama

Jelang peluncuran tim dan jersey pekan depan, terhitung sudah 14 perusahaan yang mendukung Persis Solo musim ini.

Pelepasan Atlet PON XX Papua Kontingen Jawa Tengah asal Kota Solo

Pemkot Solo melepas 45 atlet, 9 pelatih

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Dibujuk Bupati Sukoharjo, Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Tetap Tolak Tempati Rusunawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani membujuk satu keluarga pasutri Cahyo Yulianto dan Wiwin Haryati yang terpaksa tinggal dan tidur di kolong meja wedangan di Kartasura untuk menempati rusunawa.

1.681 Ibu Hamil di Kendal Sudah Ikut Vaksinasi Covid-19

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynee Frederica meminta ibu hamil yang ada di wilayahnya untuk tidak takut vaksinasi.

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Mendarat di Gurun Gobi, 3 Astronaut China Ditandu

Tiga astronaut China berhasil mendarat di Gurun Gobi, Jumat (17/9/2021), setelah perjalanan luar angkasa 90 hari.

5 Rumah Sakit di Sragen Punya Rapor Merah, Bupati Mencak-Mencak

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, meluapkan kemarahannya setelah mendapati lima dari 10 rumah sakit di Bumi Sukowati mendapat rapor merah dari BPJS Kesehatan.