PILKADA 2018 : Anggota DPRD Karanganyar Dilaporkan ke Panwaslu Atas Dugaan Money Politics

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Warga Jatisari Tepos RT 006/RW 010, Sewurejo, Mojogedang, Karanganyar, Supardi, 53, melaporkan anggota DPRD Karanganyar, Anung Marwoko, ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Karanganyar, Selasa (3/4/2018) siang.

Politikus Partai Golkar itu dilaporkan atas tuduhan melakukan politik transaksional dengan cara membagikan kain dan selebaran bergambar pasangan calon nomor urut 2, Juliyatmono-Rober Christanto, saat bertemu puluhan ibu-ibu di Sewurejo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, aksi membagikan kain sekaligus selebaran bergambar Juliyatmono-Rober Christanto itu dilakukan Anung Marwoko saat bertemu ibu-ibu di Sewurejo, Selasa (27/3/2018) pukul 20.30 WIB. Pada kesempatan itu, Anung Marwoko mengumpulkan 80-an ibu-ibu warga RT 005 dan RT 006 di Sewurejo.

Setelah pertemuan, Ketua RT 005, Paimin, membagikan kain yang diperoleh dari Anung Marwoko. Kain yang dibungkus plastik transparan itu juga diberi selebaran bergambar Juliyatmono-Rober Christanto.

“Waktu itu istri saya hadir di lokasi. Saat kembali ke rumah, istri saya menunjukkan barang yang diberikan pak RT. Informasi yang saya peroleh saat itu memang tidak ada pengarahan langsung dari Anung Marwoko untuk memilih salah satu pasangan calon. Tapi, ini ada kain dan gambar pasangan calon. Saya melaporkan Anung Marwoko ke Panwaslu. Saya menunjukkan apa yang saya ketahui, kalau ada kegiatan seperti itu benar atau salah menurut Panwaslu,” kata Supardi, saat ditemui wartawan seusai melapor ke Kantor Panwaslu Karanganyar, Selasa.

Saat melaporkan Anung Marwoko, Supardi didukung penuh lembaga swadaya masyarakat (LSM) Forum Masyarakat Karanganyar (Formaska) yang diketuai Muhammad Riyadi alias Yerri. Selain itu terdapat tokoh masyarakat lainnya, seperti Ganden dan Bibit Suwanto yang juga mendukungnya.

Saat melaporkan Anung Marwoko, Supardi juga menyerahkan kain batik dan selebaran bergambar Juliyatmono-Rober Christanto ke Panwaslu Karanganyar. “Kain batik dan gambar itu nominalnya bisa senilai Rp100.000. Kami melihat ada dugaan money politics atau paling tidak sudah ada politik transaksional [agar warga memilih Juliyatmono-Rober Christanto]. Kami akan mendampingi Pak Supardi sampai pengusutan kasus ini rampung. Kegiatan seperti itu sudah masif dan sangat terbuka di Karanganyar,” kata Ketua Formaska, Muhammad Riyadi.

Di sisi lain, anggota DPRD Karanganyar, Anung Marwoko, membantah telah melakukan dugaan money politics atau pun politik transaksional ke warga Mojogedang. Kehadirannya di Mojogedang sebagai wakil rakyat yang memberikan tali asih kepada konstituen karena janji pribadi.

Saat kegiatan berlangsung, Anung Marwoko juga membantah telah menyebar selebaran bergambar pasangan calon tertentu. “Tidak ada sama sekali, saya juga tidak pidato terkait pasangan calon dalam Pilkada 2018. Saya lepas atribut kampanye dan tidak ada alat kampanye di sana. Itu kan masa reses saya, yang hadir ibu-ibu semua,” katanya.

Ketua Panwaslu Karanganyar, Kustawa, mengatakan bakal menindaklanjuti laporan warga Mojogedang tersebut. Sesuai rencana, Panwaslu bersama-sama tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Karanganyar, seperti Polres Karanganyar dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar bakal mengkaji laporan tersebut.

Selanjutnya, Panwaslu akan mengklarifikasi pelapor, terlapor, dan saksi-saksi. Terakhir, Panwaslu bakal menentukan apakah masuk ke pelanggaran administrasi, pidana pemilu, atau pelanggaran lainnya.

“Batas waktu pelaporan dugaan pelanggaran pilkada saat masa kampanye, yakni tujuh hari setelah kejadian berlangsung. Laporan dari Mojogedang itu tepat tujuh hari saat sekarang. Sesuai peraturan, ketika ada pemberian barang di atas nominal Rp25.000 dengan dibarengi mengarahkan warga agar memilih [di masa kampanye], itu sudah dapat disebut money politics,” kata Kustawa.



Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Dibujuk Bupati Sukoharjo, Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Tetap Tolak Tempati Rusunawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani membujuk satu keluarga pasutri Cahyo Yulianto dan Wiwin Haryati yang terpaksa tinggal dan tidur di kolong meja wedangan di Kartasura untuk menempati rusunawa.

1.681 Ibu Hamil di Kendal Sudah Ikut Vaksinasi Covid-19

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynee Frederica meminta ibu hamil yang ada di wilayahnya untuk tidak takut vaksinasi.

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Mendarat di Gurun Gobi, 3 Astronaut China Ditandu

Tiga astronaut China berhasil mendarat di Gurun Gobi, Jumat (17/9/2021), setelah perjalanan luar angkasa 90 hari.

5 Rumah Sakit di Sragen Punya Rapor Merah, Bupati Mencak-Mencak

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, meluapkan kemarahannya setelah mendapati lima dari 10 rumah sakit di Bumi Sukowati mendapat rapor merah dari BPJS Kesehatan.

Antisipasi Lonjakan Kasus Akhir Pekan, Pemkot Jogja Siapkan Isoter

Penyiagaan isoter itu sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus di akhir pekan saat mobilitas masyarakat meningkat.

RSUD Sragen Kini Punya Generator Oksigen Mandiri, Nilainya Rp6,4 Miliar

RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen kini memiliki generator oksigen secara mandiri yang dipasang dengan anggaran senilai Rp6,4 miliar.

Evakuasi Tenaga Kesehatan Korban Penyerangan KKB di Pegunungan Bintang Papua

Puskesmas Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang diserang KKB

Pencemaran Bengawan Solo, Pelaku Ngaku Buang Ribuan Liter Limbah Ciu Ke Sungai Samin Setiap Hari

Polres Sukoharjo menggelar perkara kasus buang limbah ciu yang mencemari Sungai Bengawan Solo dengan peragaan oleh dua pelaku.

Tingkatkan Awareness Masyarakat Terkait Keamanan Bertransaksi Digital, BI Lakukan Ini

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengadakan webinar Interoperabilitas Sistem Pembayaran dan Keamanan Bertransaksi di Era Digital.

KKN UNS Tim 361 Edukasi Warga Ngargosari Sragen Hidup Sehat di Masa Pandemi

Tim 361 KKN UNS kemudian berinisiatif mengadakan sosialisasi pola hidup sehat di Desa Ngargosari, Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Upaya Penyisiran Lokasi Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV di Perairan Cilacap

Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV menyebabkan dua orang meninggal

Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Tips Terhindar dari Penipuan Arisan Online

Saat ini banyak orang yang menggunakan tameng arisan online sebagai modus penipuan yang menimbulkan banyak korban.