Tutup Iklan

PILKADA 2017 : Pengganti Calon Petahana Tunggu Penetapan KPU

PILKADA 2017 : Pengganti Calon Petahana Tunggu Penetapan KPU

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pilkada 2017 membuat petahana kepala daerah yang mencalonkan diri harus diganti, namun penunjukan penggantinya menunggu penetapan kandidat oleh KPU.

Solopos.com, SEMARANG — Pembahasan dan penunjukan penjabat pengganti sejumlah petahana kepala daerah yang kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (PIlkada) 2017 menunggu penetapan calon secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah.

“Pembahasannya [penjabat sementara atau pelaksana tugas] tunggu ditetapkan terlebih dahulu. Akan tetapi, yang lain-lain kami sudah siapkan,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Selasa (4/10/2016).

Ganjar menjelaskan bahwa Pemprov Jateng menyiapkan penjabat sementara untuk calon incumbent atau petahana yang mengambil cuti secara permanen, sedangkan yang cuti selama masa kampanye akan digantikan pelaksana tugas. Mantan anggota DPR itu tidak mempermasalahkan tidak mempermasalahkan sejumlah kepala daerah yang maju kembali dalam Pilkada 2017, di tujuh kabupaten/kota.

Gak masalah, silakan maju. Akan tetapi, kalau harus cuti, ya, [ambil] cuti. Kalau cuti nanti strukturnya tetap jalan, di bawahnya ada pelaksana tugas atau pelaksana harian,” ujarnya.

Ganjar juga menyarankan kepala daerah yang maju kembali dalam Pilkada 2017 agar tidak mendadak ketika mengajukan izin cuti guna kepentingan kampanye. “Jangan ndadak kalau izin cuti agar kami bisa menyiapkan dengan baik,” kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo saat dimintai konfirmasi mengatakan bahwa penetapan dan pengumuman secara resmi pasangan calon kepala daerah yang menjadi peserta Pilkada 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2016. “Saat ini kami masih melakukan verifikasi pada berkas-berkas pendaftaran dari masing-masing pasangan calon kepala daerah yang sudah mendaftar,” ujarnya.

Pada tahapan pendaftaran calon kepala daerah Pilkada 2017 yang pemungutan suaranya akan digelar serentak di tujuh kabupaten/kota Jateng pada tahun 15 Februari 2017, sudah ada 17 bakal pasangan calon yang telah mendaftar secara resmi di kantor KPU kabupaten/kota setempat. Ke-17 pasangan calon itu antara lain Tatto Suwarto Pamuji-Syamsul Auliya Rahman (Golkar, PKB, PAN, dan Demokrat), Taufik Nurhidayat-Faiqoh Subky (PDIP danPPP), dan Fran Lukman-Bambang Sutanto (Gerindra dan PKS) pada Pilkada Kabupaten Cilacap.

Pasangan bakal calon Pilkada Kabupaten Banjarnegara, Budhi Sarwono-Syamsudin (Golkar, PPP, dan Demokrat), Hadi Supeno-Nur Heni Widayanti (PKS, PKB, Nasdem, dan Gerindra), dan Wahyu Kristianto-Saeful Muzad (PAN dan PDIP). Pasangan bakal calon Pilkada Kabupaten Brebes, Idza Priyanti-Narjo (PDIP, Golkar, PKB, PAN, Demokrat, PPP, dan Hanura), Suswono-Akhmad Musttaqin (PKS dan Gerindra).

Pasangan bakal calon Pilkada Batang, Wihaji-Suyono (Golkar dan PPP), AS. Burhan-Arini (PKB dan Nasdem), Lafran Pancaputra Putranto-Nurhaji Slamet Urip (PDIP dan Gerindra), Faizin-Erna (Demokrat, PAN, dan PKS). Pasangan bakal calon Pilkada Kabupaten Jepara, Subroto-Nuryahman (PPP, Gerindra, Golkar, PKS, PAN, Nasdem, PKS, Demokrat, dan Hanura), Ahmad Marzuki-Dian Kristiandi (PDIP).

Pasangan bakal calon Pilkada Pati, Haryanto-Saiful Arifin (PDIP, Gerindra, PKB, Demokrat, Golkar, Hanura, PKS, PPP). Pasangan bakal calon Pilkada Kota Salatiga, Yulianto-Muh. Haris (PKS, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, dan Nasdem), dan Agus Rudianto-Dance Ishak Palit (PDIP dan PKB).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.