SOLOPOS.COM - Pengepakan logistik pemilu. (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada Jepara 2017 diwarnai dengan pengiriman logistik pemilu ke Karimunjawa meskipun jadwal pemungutan suara masih 15 Februari 2017 mendatang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemungutan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 dijadwalkan 15 Februari mendatang. Kendati masih cukup lama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) sudah mulai mendistribusikan logistik pemilu ke empat desa di Kepulauan Karimunjawa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengiriman dini logistik pemilu untuk Pilkada Jepara 2017 ke Karimunjawa itu harus ditempuh dengan perjalanan laut. “Logistik pilkada, seperti kotak suara, bilik suara, surat suara, dan formulir-formulir dikirim sekaligus ke Karimunjawa mulai hari ini dengan pengawalan kepolisian,” kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo kepada Kantor Berita Antara di Semarang, Rabu (1/2/2017).

Ia mengungkapkan bahwa distribusi kebutuhan logistik pemilu ke Kepulauan Karimunjawa memang sengaja didahulukan dari daerah lain dan dijadwalkan antara tanggal 1-6 Februari 2017 dengan memperhatikan kondisi perairan. “Akhirnya, KPU Kabupaten Jepara diizinkan mendistribusikan kebutuhan logistik pilkada pada Rabu [1/2/2017] sesuai dengan prakiraan cuaca dan kondisi perairan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika [BMKG] setempat,” ujarnya.

Daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada Kabupaten Jepara 2017 di Kepulauan Karimunjawa tercatat 6.704 orang dengan perincian 3.311 pemilih dan 10 TPS di Desa Karimunjawa, 2.195 pemilih di delapan TPS di Desa Kemujan, 396 pemilih dan satu TPS di Desa Nyamuk, serta 802 pemilih dan dua TPS di Desa Parang.

Joko menjamin pendistribusian kebutuhan logistik pemilu di tujuh kabupaten dan kota di Jateng yang akan menggelar Pilkada 2017 dapat tepat waktu. “Untuk kebutuhan logistik telah siap 100% dan saat ini dalam proses pengepakan serta pembagian untuk masing-masing TPS. Seluruh proses penyiapan dilakukan di tingkat kabupaten/kota oleh masing-masing KPU setempat,” katanya.

Logistik pemilu yang akan didistribusikan ke 13.843 TPS di tujuh kabupaten dan kota di Jateng itu adalah kotak suara, alat tulis, alat pencoblos, bilik suara, dan dokumen lainnya. Tujuh daerah di Jawa Tengah yang akan menggelar Pilkada 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya