SOLOPOS.COM - Calon tunggal Pikada Pati 2017 Haryanto (kiri) mencoblos beserta istri, Musus Indarwani, Rabu (15/2/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Pilkada 2017 hampir pasti menempatkan Haryanto-Arifin sebagai bupati dan wakil bupati Pati.

Semarangpos.com, PATI — Pasangan calon tunggal bupati dan wakil bupati peserta Pilkada 2017 di Kabupaten Pati, Haryanto-Saiful Arifin, untuk sementara unggul atas kotak kosong. Kantor Berita Antara melansir, hingga Rabu (15/2/2017) pukul 20.00 WIB, Haryanto-Saifil Arifin meraup 523.482 suara atau 75,27% dari 695.486 jumlah suara sah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Perolehan suara tersebut masih bersifat sementara, karena hasil finalnya masih menunggu hasil rekapitulasi dari KPU Kabupaten Pati,” kata juru bicara tim pemenangan pasangan calon Haryanto-Saiful Arifin, Joni Kurnianto di Pati, Rabu.

Ia mengatakan, hasil sementara perolehan suara paslon Haryanto-Arifin memang diperoleh dari sumber lain, sedangkan dari tim sendiri hingga kini masih dalam proses rekapitulasi. Untuk kotak kosong, lanjut dia, mendapatkan dukungan sebanyak 172.004 suara. Sementara suara tidak sah, katanya, berjumlah 14.551 suara.

KPU Kabupaten Pati selanjutnya menuntaskan pemindaian formulir C1 atau hasil pemungutan suara di tingkat TPS. Adapun data hasil pemilihannya hingga pukul 20.00 WIB, pasangan calon Haryanto-Saiful Arifin juga unggul dengan perolehan suara 42.504 suara atau 66,85 persen, sedangkan kotak kosong mendapat dukungan sebanyak 21.075 suara atau 33,15 persen.

Perolehan suara sebanyak itu berasal dari 202 TPS atau 8,80 persen dari total TPS sebanyak 2.295 TPS.Dari 202 TPS tersebut, tercatat sebanyak 90.995 pemilih, Sementara jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 65.221 pemilih.

Dari 21 kecamatan di Kabupaten Pati, data hasil pemilihan yang sudah diinput ke server KPU sebanyak delapan kecamatan. Kedelapan kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Batangan, Juwana, Kayen, Margorejo, Pati, Tayu, Tlogowungu, dan Wedarijaksa.

Ketua KPU Pati Much Nasich mengungkapkan, saat ini masih tahap pemindaian formulir C1 atau hasil pemungutan suara. Untuk mengetahui hasil pemungutan suaranya, kata dia, menunggu hasil rekapitulasi secara final.

Pilkada Pati 2017 hanya diikuti pasangan calon tunggal, yakni Haryanto-Saiful Arifin. Haryanto yang merupakan calon incumbent atau petahana, berhasil menarik minat delapan dari sembilan partai politik yang ada di ada di Kabupaten Pati. Kedelapan parpol tersebut, yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PKB, Demokrat, Golkar, Hanura, PKS dan PPP dengan total dukungan 46 kursi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya