SOLOPOS.COM - Wali Kota Salatiga Yuliayanto dan wakilnya, Muh. Haris dalam pelantikan empat kepala daerah terpilih dalam Pilkada 2017, Senin (22/5/2017). (Facebook.com-Kustadi Danuri)

Pilkada 2017, empat kepala daerah yang terpilih, telah dilantik.

Semarangpos.com, SEMARANG – Empat kepala daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) 2017 telah dilantik, Senin (22/5/2017). Keempat kepala daerah itu, yakni Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga Yuliyanto-Muh Haris, Bupati dan Wakil Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono-Syamsudin, Bupati dan Wakil Bupati Batang Wihaji-Suyono, serta Bupati dan Wakil Bupati Jepara Ahmad Marzuki-Dian Kristiandi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelantikan dipimpin langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Gradhikan Bhakti Praja, Jl. Pahlawan, Semarang, Jateng.

Dalam sambutannya Ganjar berpesan kepada keempat kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada 2017 untuk lebih serius dalam mengentaskan kemiskinan di daerahnya. Hal itu disampaikan Ganjar menyusul masih tingginya angka kemiskinan di Jateng, yakni sekitar 13,19%.

“Tidak hanya provinsi, bahkan nasional sekalipun, kita bicara penanggulangan kemiskinan tergopoh-gopoh. Turunnya tidak terlalu signifikan. Semua boleh bicara kemiskinan, berat untuk kita tuntaskan karena faktanya data kemiskinan yang kita dapat, tidak mudak untuk dieksekusi,” beber Ganjar dilansir situs resmi Pemprov Jateng, Senin.

Ganjar menambahkan untuk menyelesaikan kemiskinan perlu koordinasi antara pemerintah kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi. Selain itu, perlu penanganan serius dari pemerintah kabupaten/kota, terutama dalam menjalin komunikasi dengan para kepala desa.

“Kades sangat tahu siapa warganya yang paling miskin. Sangat tahu. Kita tinggal mengonfirmasi dari data yang kita punya,” imbuh Ganjar.

Dengan melibatkan pemerintah desa, orang nomor satu di Jawa Tengah itu berharap, konfirmasi terhadap siapa warga yang miskin, dan bagaimana kondisi kemiskinannya bisa selesai. Hasil konfirmasi kemudian ditindaklanjuti dengan inovasi pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan, dengan sumber anggaran yang tidak hanya dari APBD.

“Ada CSR, ada Baznas atau barangkali kalau diperlukan tindakan yang lebih keras lagi, mungkin kita bisa melakukan pinjaman-pinjaman untuk penanggulangan itu, agar (penyelesaiannya) lebih cepat,” urai dia

Selanjutnya, untuk membangun kemandirian warga miskin, mereka perlu di-support dengan ketrampilan, akses modal, dan pendampingan.

Pada acara pelantikan kepala daerah tersebut, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jateng Atikoh Ganjar Pranowo juga melantik Ketua TP PKK Kota Salatiga, Ketua TP PKK Kabupaten Banjarnegara, Batang dan Jepara. Mereka yang dilantik melalui SK Nomor 08-11/ Kep.PKK Prov/ V/ 2017, yakni Ida Nurul Farida M.  Haris (Kota Salatiga), Marwi Budhi Sarwono (Kabupaten Banjarnegara), Uni Kuslantasi Wihaji (Kabupaten Batang), dan Chuzaemah A Marzuki (Kabupaten Jepara).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya